Memasuki Musim Hujan, Antisipasi Penyakit di Musim Hujan


WARTASINTANG.COM - Musim hujan yang tengah berlangsung saat ini membuat masyarakat harus lebih waspada terhadap kesehatan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Pada musim hujan ini mengingatkan masyarakat akan beberapa faktor resiko penyakit di musim hujan antara lain flu dan diare yang umumnya disebabkan karena virus dan juga Demam Berdarah (DBD). 

Juga beberapa penyakit yang timbul akibat terjadinya banjir. Untuk itu dihimbau kepada masyarakat agar terus meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dimana pun masyarakat berada.

Hal tersebut dikatakan anggota DPRD Sintang, Welbertus untuk mengantisipasi beberapa penyakit yang muncul pada saat musim hujan.

"Ini hanya kekhawatiran kita saja, sebab biasanya peralihan musim pasti diikuti dengan merebaknya penyakit, " ujarnya pada awak media kami, Sabtu (19/10/2019).

Meski demikian, lanjutnya kondisi tersebut dapat dicegah dengan terus meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dimana pun masyarakat berada, seperti menutupi sumber-sumber genangan air pada lingkungan rumah, membersihkan selokan rumah, membersihkan pekarangan dan tanaman, serta menaburkan bubuk abate di tempat bak air.

Jadi jika kita mengantisipasi hal ini segera, maka bisa meminimalisir potensi penyakit yang biasa muncul pada saat musim penghujan.

Ingat pepatah ‘Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati’? Ya, siapa sih yang ingin merasakan sakit? Makan apa saja terasa tak enak dan mau ngapain saja badan rasanya tak nyaman. Jadi langkah antisipasi ini penting.

Seiring dengan datangnya musim hujan, maka lebih baik mencegah berbagai serangan penyakit ketimbang harus merasakan dan menahan rasa sakit yang mendera, lebih baik meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan sekitar kita. (*)