Pameran Pembangunan dan Sintang Expo Resmi Dibuka oleh Jarot Winarno

WARTASINTANG.COM - Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar Pameran Pembangunan dan Sintang Expo 2019 yang juga merupakan salah satu rangkaian dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-74 di Kabupaten Sintang. Kegiatan yang digelar dari 24 Agustus–2 September ini, dibuka langsung oleh Bupati Sintang, di Komplek Stadion Baning Sintang, Sabtu (24/8/19) sore.

Acara pembukaan tersebut turut dihadiri Unsur Forkopimda Kabupaten Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintangn Dra. Yosepha Hansah, M. Si, unsur Pimpinan dan jajaran OPD Kabupaten Sintang, tokoh masyarakat Kabupaten Sintang yang juga mantan Bupati Sintang periode 2005-2015 Drs. Milton Crosby, M. Si,  pihak swasta dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan bahwa kegiatan Pameran Pembangunan dan Sintang Expo ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan Pemkab Sintang setiap tahunnya dalam rangka memeriahkan HUT RI.

"Pameran ini selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat, karena disini tempat bertemunya masyarakat UMKM dengan para calon pembeli, dan juga para pelaku bisnis berskala besar seperi dealer kendaraan juga menyiapkan stand-standnya", kata Jarot.

Sehingga menurutnya pameran ini menjadi medium bertemunya para pembeli untuk mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga terjangkau, dan juga para penjual bisa menjual barang dagangan sebanyak-banyaknya.

Selain itu juga jelas Jarot, kegiatan ini juga sebagai medium bagi jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang, Forkopimda, para pihak lainnya untuk menunjukan apa yang telah dikerjakan, sedang dikerjakan dan apa yang akan dikerjakan. Sehingga masyarakat bisa lebih jelas melihat bagaimana pembangunan Kabupaten Sintang saat ini dan dimasa yang akan datang.

"Kemudian pameran ini juga memberikan kesempatan kepada jajaran Pemkab Sintang maupun instansi lain, yang biasanya memerikan pelayanan langsung kepada masyarakat saat pameran ini, seperti dari Capil layanan pembuatan KTP dan lainya, Polres biasanya layanan perpanjang SIM, jadi memberian kesempatan kepada masyarakat secara cepat dan terjangkau pelayanan publik yang mereka cari", beber Jarot.

Untuk itulah Jarot meminta kepada jajaran Pemkab Sintang untuk memanfaatkan pameran ini untuk memberikan informasi yang edukatif kepada masyarakat.

"Misalnya informasi tentang karhutla, tentang literasi perpustakaan, dunia pendidikan dan informasi-informasi lainya. Untuk itulah terimakasih untuk panitia pelasana dan mari kita sukseskan bersama-sama kegiatan ini sampai selesai nanti beberapa hari kedepan", tutup Jarot.

Sementara itu, Panitia Kegiatan Pameran Pembangunan dan Sintang Expo Yosep Sudianto mengatakan peserta kegiatan ini diikuti dari berbagai sektor yakni OPD Pemkab Sintang 32 stand, Polres Sintang 2 stand, organisasi vertikal 2 stand, PKK dan Dekranasda Kab. Sintang 2 stand, organisasi kemasyarakatan 3 stand, gabungan group perusahaan perkebunan 2 stand, pelaku usaha UKM sebanyak 112 stand, BUMN/BUMD dan Credit Union (CU) 3 stand, agen dan dealer kendaraan serta perusahaan rokok sebanyak 3 stand, pelaku usaha kuliner 30 orang dan permainan anak serta pedagang kreatif lapangan (PKL) / hamparan sebanyak 30 orang.

"Adapun informasi yang ditampilkan dalam pameran ini selain visualisasi hasil kegiatan pembangunan juga ditampilkan produk-produk handycraf, tenun/batik, garmen, tas dan sepatu, kuliner, perlengkapan rumah tangga dan potensi daerah lainnya. Panita juga melakukan penilaian stand terbaik dengan beberapa kategori", jelas Sudianto.

Sudianto menambahkan, selain dimeriahkan oleh stand-stand pameran, panita juga mengadakan lomba baca puisi perjuangan, lomba akustik, lomba stand up comedy dan lomba lagu dangdut, yang bisa diikuti oleh semua kalangan masyarakat.