PLTMH Semandak Bersinar Diresmikan oleh Jarot Winarno

WARTASINTANG.COM - Pada hari Sabtu (23/3/2019), Bupati Sintang Jarot Winarno meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) SEMANDAK BERSINAR di Dusun Semandak Desa Kemantan Kecamatan Sepauk. Bupati Sintang mendorong agar konektivitas dan infrastruktur untuk Dusun Semandak dijaga dan dilestarikan dengan pembangunan yang bersinergi dengan lingkungan.

Dalam sambutannya Bupati Sintang menyampaikan, “Inilah hubungan yang baik antara manusia dengan alam. Sepauk Hulu ini khususnya lingkar Bukit Saran sangat kental hubungan antara masyarakat adat. Hubungan masyarakat secara umum dengan alam sangat luar biasa. Bagaimana kita bisa melihat sumber daya alam kita menjadi sumber daya yang dapat di manfaatkan secara optimal dan menjadi sumber energi listrik. Dengan kekayaan alam yang melimpah ini kita tidak takut miskin, dengan cara kita jaga, kita lestarikan juga bisa hidup lebih maju. Mari kita jaga sungai sebagai sumber energi dengan PLTMH dan juga sebagai sumber air minum masyarakat”, terang Bupati Sintang.

“Dengan pencanangan pemerintah pusat dalam program “INDONESIA TERANG”, pada tahun 2020 seluruh desa yang ada di Indonesia sudah berlistrik dengan cara pemanfaatan sumber daya alam yang kita miliki. Untuk Kabupaten Sintang sejak saya menjabat baru 36 % desa yang berlistrik. Dengan dikembangkannya program listrik desa, sekarang naik menjadi 44%. Saat ini PLTMH di berbagai desa yang ada di daerah Sepauk dan Tempunak yang berjumlah 41 dan secara keseluruhan di Kabupaten Sintang ada 57 desa sehingga jumlah desa yang dialiri listrik naik menjadi 51%, dan 7% diantaranya merupakan swadaya dari masyarakat yang membangun PLTMH. Sehingga swadaya membangun PLTMH ini bisa kita sebut sebagai kedaulatan energi bagi rakyat dan energi hijau, energi listrik yang tidak merusak lingkungan”, tambah Bupati Sintang.

Sementara itu, Gunawan selaku konsultan teknis menyampaikan, pembangunan PLTMH ini berjalan selama kurang lebih 1 tahun.

“Sumber utama PLTMH ini adalah dari Sungai Semukul, dan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 27.000 watt yang akan dipergunakan oleh 44 kelompok dan 10 konsumen sehingga total ada 54 rumah yang menggunakan listrik ini. Satu rumah dialiiri listrik sebesar 450 watt”, terang Gunawan.

“Kami mengerjakan PLTMH ini menghabiskan dana 1,2 miliar yang bersumber dari swadaya masyarakat, dana desa, bantuan pemerintah dan anggota DPRD", jelasnya.

Di dalam acara tersebut Bupati Sintang juga menyampaikan, “Inilah yang namanya energi baru yang terbarukan. Karena dengan PLTMH ini tidak merusak lingkungan, dengan syarat harus PLTMH dengan skala kecil mengingat bendungan tidak bisa di bangun yang lebih besar lagi”, terang Bupati Sintang.

“Saya berharap masyarakat Dusun Semandak ini bisa mengangkat isu lingkungan dengan menyelamatkan hutan, melindungi hutan, dan mengembangkan kawasan hutan, sehingga air terjaga selama-lamanya. PLTMH akan bergerak jika air akan terus mengalir dan air merupakan sumber kehidupan bagi manusia”, pesan Bupati Sintang.