Musrenbang Kabupaten Sintang 2019, Jarot Ingin OPD Sintang Tingkatkan Koordinasi

WARTASINTANG.COM - Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang selanjutnya disingkat Musrenbang adalah forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah. Musrenbang diatur dalam Undang-Undang no. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan diatur oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas untuk tingkat nasional dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Dan terkhusus untuk Kabupaten Sintang Musrenbang tahun 2019 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sintang tahun 2020 telah dilakukan di Gedung Pancasila yang dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs.H. Ria Norsan,MM.MH dan dibuka secara langsung oleh Bupati Sintang Jarot Winarno, Selasa (26/3/19).

Dalam kegiatan ini hadir juga Anggota DPRD Kalbar, Kepala Bappeda Propinsi Kalbar, Danrem 121 ABW, SKPD Propinsi Kalbar, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Forkopimda Kabupaten Sintang, Ketua Pengadilan Negeri Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Para Pimpinan OPD Kabupaten Sintang, Camat, Pimpinan Instansi Fertikal, BUN, BUD serta Pimpinan Perbankan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

Ria Norsan dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang ini diharapkan dapat menyepakati dan menyetujui sasaran pembangunan Kabupaten Sintang untuk Tahun 2020 bersama pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Sintang mulai dari Pemerintah Kabupaten Sintang, DPRD Kabupaten Sintang dan perwakilan masyarakat baik itu Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Akademis lainnya.

Sementara itu Bupati Jarot dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan Wagub Kalimantan Barat ini adalah kunjungan resmi yang kedua. Harapannya bisa membawa spirit dan harapan positif bagi pembangunan Kota Sintang di masa mendatang.

Jarot berharap melalui forum Musrenbang 2019 guna penyusunan RKPD Sintang 2020 bisa memberikan dampak positif dan sudah seharusnya mendapat perhatian serius. Setidaknya ada 2 hal yang harus diperhatikan, “Rentang waktu Tahun 2020 dan cara pandang dinamika kita pada Tahun 2020 menjadi sangat penting, dalam lingkup Nasional Tahun 2020 adalah tahun awal dan dari realisasi janji-janji politik para pimpinan nasional baru hasil pemilu Tahun 2019, tentu saja kita berharap adanya kontinuitas prioritas nasional yang hendak dimulai dengan apa yang sudah kita kerjakan selama ini, karena adaptasi hal tersebut sangat penting kita lakukan dalam Forum Musrenbang ini", jelas Bupati Sintang dr. Jarot Winarno,M.Med,PH.

Selain itu, Jarot meminta semua OPD Kabupaten Sintang meningkatkan koordinasi dengan OPD Provinsi, Kementerian, dan Lembaga Teknis supaya bisa memberikan layanan terbaik guna menekan
angka kemiskinan, membangun infrastruktur jalan di perbatasan, meningkatkan mutu pendidikan, menyempurnakan Bandara Tebelian Air Port, dan menyelesaikan masalah Rumah Sakit. (*)