Hadiri Pembentukan Pengurus ICDN Kabupaten Sintang, Askiman Memberikan Dukungan Penuh

WARTASINTANG.COM - Cendekia Dayak mendeklarasikan Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional. Ikatan itu dibentuk untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan karya terhadap pembangunan daerah dan negara. Salah satu isu yang diangkat adalah soal kearifan lokal Dayak yang harus terus dijaga.

Dan atas dasar Mandat yang diberikan kepada Dr. Antonius,SS.,M.Si dan Dr.Genopepa Sedia, SH.,MH oleh ICDN Pusat maka dilakukan pembentukkan kepengurusan ICDN Kabupaten Sintang di Balai Pegodai rumah dinas jabatan Wakil Bupati Sintang, Senin, (18/02/2019).

Dr. Genopepa Sedia sebagai penerima mandat memimpin langsung rapat ini. Adapun agenda rapat ini adalah untuk pemilihan ketua dan pembentukkan kepengurusan ICDN Kabupaten Sintang. Menurut Genopepa kepengurusan ICDN Sintang ini harus segera dibentuk mengingat target yang ditetapkan oleh ICDN Pusat bahwa kepengurusan harus bisa dilantik pada bulan Maret 2019. Dalam rapat ini  hadir para akademisi dan juga tokoh-tokoh masyarakat Dayak.

Dalam Rapat ini dari tujuh nama yang diajukan sebagai ketua, terpilih Bapak Sofian, S.Sos., M.Si sebagai Ketua, Dr.Genopepa Sedia,SH.,MH sebagai sekretaris dan Gradila Apriani sebagai Bendahara.

Wakil Bupati Sintang Drs Askiman, MM yang juga hadir menjelang akhir rapat tersebut menyampaikan permohonan maaf karena terlambat hadir dikarenakan ada kegiatan lain yaitu menemani rombongan Menteri Perhubungan yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sintang.

Menurut Askiman walupun semuanya serba tergesa-gesa diakibatkan oleh batas waktu yang diberikan oleh ICDN pusat agar segera membentuk dan melantik pengurus ICDN Kabupaten Sintang tetapi secara pribadi Askiman menyatakan memberikan dukungan yang luar biasa terhadap terbentuknya organisasi ini, dia juga berharap agar ICDN ini segera melengkapi legalitas organisasi agar dapat mempunyai dasar hukum yang kuat, tentu setelah terbentuk dan dilantik nanti ICDN Kabupaten Sintang harus dapat segera melaksanakan program kerja dari ICDN Pusat dan juga program kerja lokal yang berkaitan dengan organisasi ICDN ini.

Ketua terpilih Sofian, menyampaikan terima kasih atas segala kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin ICDN Kabupaten Sintang ini, dia berharap agar pengurus-pengurus yang sudah terpilih dapat bekerja sama dalam mempersiapkan Pelantikkan pada bulan Maret nanti yang merupakan tugas awal dari para pengurus yang sudah dipilih. (*)