Memutihkan Kulit dan Penurun Panas, Manfaat Mengkonsumsi Langsat

WARTASINTANG.COM - Saat ini, Kota Makassar dan beberapa kota lainnya di Indonesia sedang dibanjiri buah langsat. Buah ini kebanyakan didatangkan dari Polmas, Sulawesi Barat, dan dari Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Namun tahukah Anda jika mengkonsumsi langsat punya manfaat bagi kesehatan kulit?

1. Mengandung Antioksidan

Pengaruh lingkungan yang penuh radikal bebas, seperti sinar UV matahari, asap rokok, dan polusi udara dihadapi setiap hari. Hal ini berdampak buruk bagi kulit.

Tidak hanya membuat wajah kusam, tapi juga memicu penuaan dini.

Buah langsat mengandung antioksidan alami yang bekerja ampuh melawan radikal bebas yang bisa merusak sel kulit. Jadi, penampilan bisa tampak sehat, cantik, dan awet muda.

Buah langsat dengan nama ilmiah lansium domesticum memiliki vitamin C yang terbukti efektif mencerahkan kulit wajah. Selain itu, ekstrak buah langsat dapat menghambat kerja enzim tirosinase, yang dapat membuat kulit menjadi gelap.

2. Dapat memutihkan kulit

Buah langsat yang kaya akan zat-zat yang bersifat antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan permanen. Sedangkan ekstrak buah langsat dapat dimanfaatkan sebagai pemutih dan pencerah kulit secara alami. Ekstrak buah langsat dapat dioleskan langsung ke kulit. Kandungan enzim yang ada pada ekstrak buah langsat akan bekerja dengan cara menghambat enzim tirosinase.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Buah langsat mengandung banyak serat alami yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan kita. Dengan mengkonsumsi buah langsat secara teratur maka serat alami akan kita dapatkan. Konstipasi/sembelit dimana kondisi seseorang merasa susah buang air besar jugadapat teratasi dengan mengkonsumsi buah langsat ini. Segera cari buah langsat ini jika kamu mengalami masalah sistem pencernaan yang membutuhkan serat alami.

4. Sebagai obat penurun panas

Bagian dari buah langsat yang dapat digunakan sebagai obat turun panas adalah bagian bijinya. Kamu bisa memakan dulu daging buah langsat. Kemudian biji yang biasanya dibuang dapat kamu jemur hingga kering. Setelah kering kamu dapat mengoven/ menyangrai biji buah langsat tersebut. Setelah itu kamu haluskan lalu seduh dengan air panas. Rasa dari biji buah langsat memang cukup pahit, akan tetapi sangat manjur untuk obat turun panas.

5. Sebagai obat cacing

Anak-anak yang setiap hari dengan bebas bermain dihalaman/ tempat yang bersentuhan langsung dengan tanah sangat rentan untuk menderita cacingan. Setelah bermain tanpa mencuci tangan, seringkali pula anak menelan makanan yang terkontaminasi telur cacing yang ikut bersama kotoran yang menempel di tangan. Kamu juga bisa menggunakan biji buah langsat sebagai obat cacing. Biji buah langsat cukup kamu keringkan lalu kamu haluskan. Minumkan pada penderita cacingan. Maka penderita akan segera pulih.

6. Sebagai obat nyamuk

Kulit buah langsat mengandung beberapa zat yang cukup dibenci oleh para nyamuk. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh pakar IPB melakukan penelitian ini telah membuktikannya. Untuk memanfaatkan kulit buah langsat sebagai obat nyamuk, kamu dapat memulai dari mengeringkan kulit buah ini. Setelah kering, kamu dapat membakarnya seperti membakat obat nyamuk bakar yang ada di pasaran. Bedanya tentu karena lebih alami, obat nyamuk dengan kulit buah langsat tidak akan mengganggu pernafasan.

7. Obat penyakit malaria

Penyakit malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi parasit plasmodium. Parasit yang menginfeksi nyamuk akan ikut masuk ke tubuh manusia bersamaan ketika nyamuk menggigit kita. Kulit kayu dari buah langsat dapat digunakan untuk mengobati penyakit malaria tersebut. Dengan menggunakan kulit dari buah langsat, berarti kita menggunakan obat alami sehingga kita tidak perlu kawatir akan resiko efek sampingnya.

8. Sumber karbohidrat

Setiap 100 gram buah langsat terdapat kandungan zat karbohirat sebanyak 13 gram. Jika kamu mengkonsumsi buah langsat lebih dari 100 gram maka tentu saja kamu dapat memperoleh karbohidrat yang lebih banyak. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam buah langsat ini tentu dapat kamu manfaatkan sebagai salah satu sumber energi. Ganti cemilan kurang sehatmu dengan buah langsat.

9. Menguatkan tulang dan gigi

Di dalam 100 gram buah langsat terdapat kandungan fosfor sebesar 9 mg dan kalsium sebesar 18mg serta mineral sebesar 0,7 gram. Beberapa kandungan tersebut cukup berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi buah langsat kandungan-kandungan tersebut akan kamu dapatkan dan tulang dan gigimu sehar sertakamu akan semakin terhindarkn dari penyakit pengeroposan tulang dan gigi.

Buah langsat yang rasanya cukup asam ternyata cukup banyak memberikan manfaat. Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah langsat sebagai camilan sehatmu.

Sumber : http://makassar.tribunnews.com