Polres Sintang Peringati dengan Kerja Bakti pada Hari Peduli Sampah Nasional Ikut Panen Raya Bupati Jarot Ajak Masyarakat Optimalkan Lahan Sekitar

WARTASINTANG.COM - Bupati Sintang Jarot Winarno melakukan panen raya pertama hasil kebun yang dikelola warga Gang Gamajaya, Desa Baning Kota, Sintang pada hari Jumat (22/02/2019). Dalam kegiatan ini ia mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan lahan sekitar.

“Kita melihat kesadaran masyarakat kota, bahwa tanah ndak banyak sementara manusianya bertambah, sehingga kita harus mengoptimalkan lahan disekitar kita,” kata Jarot.

Jarot juga menjelaskan ada beberapa aternatif yang dapat dilakukan warga perkotaan dalam  mensiasati minimnya lahan perkebunan. Ada sistem hidroponik, vertikal, polybag dan menggunakan pot.

“Dengan adanya inisiatif kebun di pekarangan begini, kita harapkan ada bank sampah di lingkungan ini,” kata Jarot lagi.

Di sela kegiatan memetik kacang panjang, tomat, cabai, terung dan sawi yang ada ada dipekarangan warga tersebut Jarot berharap hal ini bisa ditiru oleh masyarakat lain. Dalam kegiatan panen raya perdana ini tampak puluhan warga sekitar yang didominasi oleh ibu-ibu kelompok wanita tani ikut serta dalam kegiatan ini.

Dalam kegiatan ini juga diadakan penandatangan MoU atau nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Sintang dengan Yayasan Solidaridad Network Indonesia.

Nota kesepahaman ini berisi tentang kesepakatan kemitraan strategis kedua belah pihak dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Sintang. The Solidaridad Country Manager for Indonesia, Mr. Kulbir Mehta mengungkapkan rasa terima kasih dan senangnya atas kerjasama organisasi yang dipimpinnya dengan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Harapannya kerjasama ini bisa menjadi contoh yang baik dalam keikutsertaan untuk mengatasi emisi karbon dan melakukan pertanian-perkebunan yang berkelanjutan. (*)