Ketua DPRD Sintang Berharap Pekan Gawai Dayak ke-VIII Dapat Dilakukan di Rumah Betang

WARTASINTANG.COM, SINTANG - Pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Ke-VII Kabupaten Sintang  yang dihelat pada tanggal 16-20 Juli 2018 bertempat di Komplek Stadion Baning Sintang disambut dengan sangat antusias oleh warga Dayak di Kabupaten Sintang, nuansa Merah pun mewarnai suasana pembukaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang ke VII.

Berbagai lomba akan diadakan untuk memeriahkan PGD VII Kabupaten Sintang, tercatat ada 16 jenis perlombaan tradisional yang akan diikuti oleh peserta, baik perorangan maupun perkelompok. Stand-Stand Pameran dihiasi ornamen dan nuansa merah yang merupakan stand-stand perwakilan setiap DAD Kecamatan.

Ketua DAD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward menerangkan persiapan Panitia terbilang maksimal untuk mensukseskan kegiatan Pekan Gawai Dayak Ke-VII Kabupaten Sintang.

Jeffray Edward yang juga Ketua DPRD Kabupaten Sintang ini berharap, tahun depan kegiatan Pekan Gawai Dayak dapat dilaksanakan di Rumah Betang yang berada di Jalan Kelam, Jerora 1, sehingga nuansa “Gawai” lebih terasa. Untuk itu, Jeffray meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang agar segera merampungkan Pembangunan Rumah Betang yang sempat tertunda penyelesainnya dikarenakan  terbatasnya anggaran.

“Kita minta Pemerintah segera menyelesaikan Pembangunan Rumah Betang di tahun anggaran 2018, dengan demikian Pekan Gawai Dayak VIII Tahun 2019 sudah bisa gunakan,” harapnya.

Pihaknya di DPRD akan mendukung Pemerintah untuk menganggarkan penyelesaian pembangunan Rumah Betang, karena masyarakat Dayak di Kabupaten Sintang telah sekian lama menanti realisasi pembangunan Rumah Betang, tidak hanya untuk pelaksanaan Gawai Dayak saja, Rumah Betang akan menjadi Ikon salah satu Budaya Etnik di Sintang dan menjadi salah satu daya tarik pariwisata.

“Kita minta Pemerintah alokasikan saja anggarannya, kami akan setujui” pungkasnya (17/7/18). (*)