Melkianus : Kondisi Sekolah SDN 41 Kebangak Ketungau Tengah Sangat Memprihatinkan

WARTASINTANG.COM, SINTANG - Kondisi Sekolah SDN 41 Kebangak, Desa Wirayuda, Kecamatan Ketungau Tengah, Sintang sangat memprihatinkan. Sebagai informasi SDN 41 ini sebelumnya berstatus Sekolah Kelas Jauh dari SDN 1 Nanga Merakai, dimana siswa-siswi kelas IV sampai kelas VI harus dilanjutkan ke SDN 1 Nanga Merakai. Baru 2 tahun ini SDN 41 berstatus resmi Sekolah Dasar Negeri.

SDN 41 Kebangak ini Memiliki 3 lokal ruang kelas, 3 tenaga pendidik, yang terdiri dari 1 Guru ASN, 1 Guru Kontrak Daerah dan 1 Guru Honorer. Kondisi bangunan sekolah yang sangat memprihatinkan, beberapa dinding ruang kelas yang bolong-bolong bahkan jebol, berlantai tanah, tentu kondisi ini sangat tidak menunjang bagi kegiatan proses belajar mengajar yang nyaman dan efisien.

Karena SDN 41 Kebangak ini baru 2 tahun menjadi SDN, maka untuk Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) belum dapat diterima karena masih menunggu konfirmasi dari Dinas terkait.

Kepala Dusun Kebangak, Effendi Tanus, menuturkan bahwa satu di antara yang menjadi keprihatinan di Dusun Kebangak ialah kondisi pendidikannya, baik dari segi fasilitas sampai kepada tenaga pendidiknya.

Melihat kondisi ini, Melkianus, Sekretaris Komisi C DPRD Sintang yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan turut prihatin, ia pun meminta agar Perusahaan yang ada di wilayah tersebut agar turut berkomitmen membantu melalui Program CSR (Corporate Social Responsibility).

“Kami akan berkoordinasi dengan 2 perusahaan agar sedapat mungkin ikut membantu Sekolah ini melalui program CSR-nya, memang saat ini Perusahaan telah ikut membantu membiayai Guru Honor” katanya.

Namun demikian, Melkianus mengapresiasi Tenaga Pendidik yang mengajar di SDN 41 Kebangak, meski hanya 1 Tenaga Pendidik yang berstatus ASN, sedangkan 2 Tenaga Pendidik Guru Kontrak dan Honorer. Ia juga meminta agar pemerintah Kabupaten dapat menambah tenaga Guru Kontrak yang ditugaskan di SDN 41.

“Mengingat SDN 41 ini kekurangan Guru, maka kami minta pemerintah Kabupaten menambah Guru Kontrak yang ditugaskan di sini” harapnya. (*)