Kusnadi : Jadikan Sintang Sebagai Basis Pertanian di Kalimantan Barat

WARTASINTANG.COM, SINTANG - Bumi Senentang atau Sintang memiliki potensi Sumber Daya Alam yang memadai. Jadi adalah hal yang sangat mungkin untuk mewujudkan kota Sintang sebagai basis pertanian di Kalbar.

Hal ini disampaikan oleh Anggota DPRD Sintang Kusnadi dari Fraksi PKB. Menurutnya Sintang memiliki potensi untuk menata perekonomian daerahnya melalui pertanian dan usaha kecil yang baik. Ia mengambil contoh Thailand dan Vietnam yang telah berhasil dalam hal ini.

"Beberapa Negara maju di Asia, menggerakan sektor pertanian dengan maksimal, seperti Thailand dan Vietnam, telah berhasil menata perekonomian masyarakat dengan baik. Sehingga dengan sendiri mengubah taraf hidup masyarakat," katanya ketika ditemui media ini (10/4/18).
Kedua negara tersebut, kata Kusnadi, memiliki basis perekonomian pertanian dan usaha kecil yang baik. Potensi yang dimiliki Sintang juga hampir sama dengan kedua negara tersebut. Perlu diingat, Sintang dulu pernah menjadi lumbung padi.















“Jadi bukan hal yang baru lagi atau mustahil untuk mewujudkan kembali Sintang sebagai basis pertanian di Kalbar,” kata Kusnadi. 

Wakil rakyat asal Dapil Kecamatan Sepauk- Kecamatan Tempunak ini mengaku, memang tidak mudah dalam menata ekonomi kerakyatan agar kuat, tidak semudah membalik telapak tangan. Tentu membutuhkan perjuangan yang keras, komitmen yang kuat serta dukungan penuh pemerintah daerah dan masyarakat, bebernya.(red)