Wakil Ketua DRPD Sintang Dorong Tingkatkan Potensi Unggulan di Desa

WARTASINTANG.COM, SINTANG - Membangun dari desa merupakan salah satu prioritas program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam Nawa Cita ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. 

Dan seturut dengan itu Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Terry Ibrahim mengungkapkan, sudah seharusnya desa punya produk unggulan. Apalagi, dia melihat belum banyak desa yang mampu memberdayakan potensi yang ada, sehingga hanya berpangku tangan pada bantuan pemerintah. (29/03/2018)

“Karena selama ini desa tidak bisa memberdayakan potensi yang ada. Hanya bisa bergantung pada bantuan pemerintah untuk membangun di desanya,” sebut Terry.


Terry mengaku mendukung penuh empat program perioritas ini. Dia menilai, jika satu desa punya produk unggulan desa, selain dapat membantu kemandirian desa, upaya ini juga dapat membantu pembangunan pemerintah dari pinggiran. “Kalau desa sudah punya badan usaha sesuai dengan karakter desa setempat, inikan salah satu bentuk membantu pembangunan di daerah,” terangnya.

Di Desa Nanga Ketungau, Kecamatau Ketungau Hilir ini, dikenal dengan wilayah perairan sungai. Potensinya, tentu saja perikanan. Terry melihat, potensi ikan di Ketungau ini bisa diolah menjadi produk unggulan desa yang tidak hanya menambah pendapatan ekonomi saja, tapi juga pemberdayaan desa.

“Kalau ini dihimpun dalam badan usaha ini menjadi nilai tambah ekonomi masrakat, desa juga punya unggulan didalamnya desa punya BUMDes, kan nanti kalau berkembang, desa ambil alih untuk membina Bumdes dan Prukades. Hasilnya, akan kembali untuk desa. Dari dana ADD juga dibenarkan, dananya bisa untuk modal dasar BUMdes,” tukasnya. (red/msi)