Pantau Pasien Suspect COVID-19, Jarot : Kondisi Pasien Secara Umum Baik dan Tidak Ada Sesak Nafas


WARTASINTANG.COM - Terkait adanya pasien suspect COVID-19 yang sedang dirawat di RSUD Ade M Djoen Sintang, Pemkab Sintang di bawah pimpinan Jarot Winarno melakukan kunjungan guna memantau langsung kondisi pasien tersebut pada hari Selasa (17/3/2020) malam.

Sebagai informasi pasien ini adalah pasien rujukan dari Kabupaten Kapuas Hulu. Pasien suspect COVID-19 ini mendapat perawatan di Ruang Isolasi Khusus Covid-19.  

Dalam kunjungan ini Jarot Winarno didampingi oleh Harysinto Linoh selaku Kadiskes Kabupaten Sintang, Rosa Trifina selaku Direktur RSUD Ade M. Djoen Sintang, dan Kepala BPBD Kabupaten Sintang Bernard Saragih.

Usai membesuk, Bupati Sintang Jarot Winarno melanjutkan peninjauan ke Posko penanganan dan pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19), di Dinas Kesehatan Kab. Sintang, di Jl. Teluk Menyurai Sintang, Selasa (17/3/2020) malam, kemudian berdialog dengan para petugas di posko.

Dalam dialog itu, Jarot Winarno menyampaikan bahwa kondisi secara umum pasien yang dirawat di ruangan isolasi tersebut dalam kondisi baik, seperti tidak ada sesak nafas, tidak memerlukan oksigen, tanda-tanda yang vital lainnya baik. 

Menurut Jarot untuk sementara ini frekuensi pernafasan, detak jantung, dan suhu badan pasien normal. Untuk pengambilan spesimen suspect Covid-19 pasien tersebut sudah di lakukan dan sudah dikirim langsung ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) di Jakarta.

"Untuk mengetahui status suspectnya baik positif atau negatif, yang berhak mengumumkan hasilnya pun pemerintah pusat"pungkasnya. 

Untuk di ketahui bahwa RSUD Ade M. Djoen Sintang merupakan salah satu dari 132 rumah sakit rujukan nasional yang di tunjuk sebagai Rumah Sakit Rujukan untuk penanganan kasus Covid-19 atau corona virus, secara khusus di wilayah Timur Kalbar.