Dinas PMPD Minta Desa Bantu Sukseskan Program Pemerintah

 


SINTANG- Dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa (PMPD) kabupaten sintang mengharapkan desa yang tergabung dalam apdesi atau pun organisasi lainnya untuk membantu mensukseskan program pemerintah kabupaten sintang.

“Kita berharap apdesi khususnya desa-desa yang ada di dalamnya bisa membantu mensukseskan program pemerintah kabupaten sintang. Selain itu desa juga bisa membantu memberikna sumbangan pemikiran dalam pembangunan,” kata Kepala dinas PMPD kabupaten sintang, Herkulanus Roni, Jumat (24/11).

Roni mengungkapkan organisasi apdesi juga bisa memberikan saran dan masukan kepada pemerintah kabupaten sintang terkait dengan perbaikan desa termasuk juga program yang mungkin dilakukan kedepan.

“Sekarang sedang bergulir revisi undang-undang nomor 6, melalui apdes kita berharap kawan-kawan bisa mengkaji pasal mana di dalam undang-undang nomor 6 ini yang menurut kita perlu perbaikan,” ungkapnya.

Roni menjelaskan apdesi kedepannya harus memiliki program kerja serta perencanaan kegiatan terutama dalam membangun desa maupun membangun kabupaten sintang lebih baik lagi.

“Jangan hanya ketika selesai dilantik kemarin, lalu selesai tanpa adanya program ataupun perencanaan. Organisasi ini harus bisa membawa perubahan bagi desa maupun bagi kabupaten sintang secara umum,” ucap roni.

Roni menambahkan kepala desa atau pun apdesi bisa berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten sintang dalam berbagai program yang akan digagas, atau pun ide-ide dalam hal pembangunan.

“Kita ingin desa-desa ini bisa terus berkembang dengan berbagai program yang dirancangnya sendiri. Nantinya program itu bisa dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten sintang agar bisa rancang agar sesuai dengan harapan bersama,” tambahnya.

Kedepannya roni mengharapkan kepada pemerintahan desa bisa terus berkembang dengan segala potensi yang ada di desanya masing-masing.

“Jika desa berkembang, tentu masyarakatnya juga yang akan merasakan perubahan dari desa itu sendiri. Sehingga semua harus selalu dikoordinasikan agar berjalan dan terus berkembang,” tutupnya.