Pelantikan Pengurus Himpsi Kalbar Dihadiri Komunitas Tunanetra-Tunarungu


PONTIANAK – Pelantikan Pengurus Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Kalbar, Sabtu (18/3) di Hotel Maestri Pontianak terbilang tidak biasa. Pasalnya dalam acara yang dirangka dengan seminar tersebut menghadirkan penerjemah bagi komunitas tunanetra dan tunarungu.

Komitas tunanetra dan tunarungu ini sendiri tergabung dalam komunitas KLIK (Kerabat Peduli Inklusi). Mereka tampak antusias mengikuti serta memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber seminar. Kehadiran para inklusi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan wawasan bagi mereka tentang literasi politik, serta kaitannya dengan dunia psikologi.

Pelantikan Pengurus Himpsi Wilayah Kalbar periode 2023 – 2027 tersebut dibimbing langsung Ketua Himpsi Pusat, Dr. Andik Matulessy. Andik melantik kepengurusan Himpsi Kalbar yang diketuai Winda Lestari.

Pelantikan tersebut dirangkai dengan seminar bertajuk Kontribusi Himpsi Berlandaskan Etik di Tahun Politik. Para narasumber yang dihadirkan yakni Natalia Karyawati, staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan, bersama Andik Matulessy.

Dalam pemaparannya, Natalia Karyawati menjelaskan mengenai perlunya pemahaman dari pemilih pemula dan partisipasi, dalam mengikuti proses serta tahapan pemilu. Tak kalah pentinganya, diingatkan dia bahwa setiap orang harus memiliki kemampuan untuk menyaring berita-berita hoaks, sehingga mampu menjadi pemilih yang cerdas dan berkualitas.

Senada dengan hal tersebut, Dr. Andik Matulessy menambahkan bahwa untuk mewujudkan Pemilu yang baik, diperlukan kolaborasi antarberbagai pihak dengan batasan kompetensi masing-masing. Dalam pelaksanaan Pemilu, khususnya dalam Pemilu Legislatif, diingatkan dia bahwa sangat penting bagi masyarakat untuk memilih calon yang tepat. Pasalnya, dia menambahkan, para legislator terpilih ini nantinya yang akan membuat undang-undang. Selanjutnya, dijelaskan dia bahwa peraturan atau undang-undang tersebut akan menjadi rambu atau panduan  dalam menjalankan pemerintahan, termasuk salah satunya Undang-Undang Pendidikan Layanan Psikologi.

Kegiatan pelantikan pengurus Himpsi Wilayah Kalbar tersebut juga dihadiri perwakilan Pemerintah Provinsi Kalbar, Pemerintah Kota Pontianak, perwakilan sejumlah sponsor dan rekanan seperti dari PT. Antam, Tbk; Bank Kalbar, Bagian Psikologi Polda Kalbar, Harian Pontianak Post, dan sejumlah Biro Psikologi, serta Lembaga Pendidikan.

Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB ini, tidak terlepas dari peranan teknis mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak Prodi Psikologi, yang tergabung di dalam Himapsi atau Himpunan Mahasiswa Psikologi. Keseluruhan acara berlangsung secara lancar dan khidmat serta mendapat apresiasi dari narasumber serta Pengurus Pusat HIMPSI. 

Sumber : pontianak post