KETUA KOMISI A APRESIASI DESA SADAR KERUKUNAN

wartasintang.com: Ketua komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Sintang, Santosa menyambut baik adanya desa sadar kerukunan yang diinisiasi oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Sintang. Hal ini disampaikannya usai menghadiri acara ramah tamah lauching desa kerukungan di pendopo rumah jawatan Bupati Sintang, Selasa (13/9/2022) malam.

“Pertama-tama saya ucapkan selamat kepada Desa Kebong atas ditetapkannya desa di Kelam Permai ini menjadi desa sadar kerukunan oleh Kepala Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat yang dalam hal ini mewakili bapak gubernur, Sutarmidji,” kata Santo.

“Saya harap ke depannya, hal ini dapat dicontoh dan terjadi juga di desa lain di Sintang. Kepada seluruh masyarakat Sintang, mari kita jaga dan rawat kerukunan dan keharmonisan ini. Kebong sudah menunjukkannya secara sederhana, di sana ada masjid dan gereja yang dibagun bersebelahan. Ini adalah contoh yang sangat baik untuk kita semua,” tambah politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu lagi.

Andreas Mikael Calon selaku ketua panitia Launching Desa Sadar kerukunan Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa kegiatan ini mengusung tema, “Sintang rukun, Sintang Harmonis”. Ia juga menyampaikan proses penentuan dan penetapan tersebut.

“Pada bulan Mei lalu Forum Komunikasi Umat Beragam (FKUB) Sintang bersama Badan Kesbangpol dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang sudah melakukan survey ke Desa Kebong. Hasilnya, kami menganggap bahwa desa itu layak untuk ditetapkan sebagai desa sadar kerukunan di Kabupaten Sintang. Di sana ada 4 agama yang hidup rukun dan damai. lalu kami pun menyampaikan temuan tersebut ke kantor Kementerian Agama Provinsi di Pontianak. sehingga terbitlah surat keputusan yang mendasari kegiatan kita malam ini dan besok,” papar Andreas Calon. (*)