SINTANG KEMBALI ADAKAN GAWAI DAYAK

wartasintang.com: Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang sekaligus wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward menyampaikan bahwa Kabupaten Sintang akan menggelar gawai Dayak tingkat kabupaten tahun 2022. Hal ini disampaikannya usai memimpin rapat DAD Kabupaten Sintang, Selasa (12/7/2022).

“Masyarakat kita (Sintang.red) sudah lama ingin melaksanakan gawai lagi. Ini adalah kerinduan seluruh masyarakat Dayak di Sintang. Saya yakin, walaupun dengan segala keterbatasan yang ada kegiatan gawai ini akan tetap meriah,” ujar Jeffray.

Pesta masyarakat adat yanf rutin digelar setiap tahunnya ini memang sudah 2 tahun vakum karna pandemi covid 19. Kali ini perhelatan Gawai Dayak Sintang ini akan dilangsungkan pada 29-31 Juli 2022 di Rumah Betang yang terletak di Desa Jerora 1 Sintang.

“Semula kita rencanakan mau adakan di Bulan Oktober karna masalah keterbatasan anggaran. namun setelah bermufakat dan menilik esensi Gawai itu sendiri dalam tata cara adat istiadat maka diputuskan lah untuk dilakukan akhir bulan ini,” ungkap Jeffray lagi.

Legislator PDI Perjuangan tersebut juga menyebutkan bahwa dalam rapat ini dibentuk pula kepanitian kegiatan yang diharapkan dapat langsung bekerja cepat dalam mempersiapkan acara.

“Gawai tahun ini sedikit berbeda dari biasanya, kita utamakan ritual dan upacara adatnya. Lalu akan ditambah dengan secemonial, seminar, perlombaan dan hiburan. Karna ini disesuaikan dengan situasi keuangan daerah dan keterbatasan waktu untuk mempersiapkan kegiatan,” ujar Jeffray.

Jeffray juga menghimbau agar masyarakat memberikan dukungan penuh pada acara ini. Menurutnya meski pun panitia hanya merencanakan acar ayang sederhana namun bila mendapat dukungan yang baik tentu akan tetap sukses.

“Saya harap kita semua akan datang untuk memeriahkan acara. Ini gawai kita bersama. Semoga gawai tahun ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” harap Jeffray . (*)