KETUA KOMISI A DPRD SINTANG APRESIASI DESA BERSINAR SINTANG

wartasintang.com: Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa memberikan apresiasi positif atas diluncurkannya program Desa Bersinar oleh Pemda Sintang. Program yang digawangi oleh Kantor Kesbangpol ini diluncurkan langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno di Rumah Betang Desa Jerora 1 pada Rabu (22/6/2022).

“Saya ucapkan selamat kepada Desa Jerora ini sudah berani melakukan penyelenggaran fasilitas program desa bersinar atau desa bersih narkoba hari ini. Semoga dengan partisipasi aktif masyarakat kita dapat memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba yang ada di daerah kita,” kata Santo.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu juga mengingatkan agar para pihak yang terlibat dalam program ini dapat melakukan pemetaan terkait dengan daerah-daerah yang ditengarai rawan narkoba. Lalu sedapat mungkin dibuat cluster-cluster sehingga mudah dalam melakukan pemantauan.

“Sebisa mungkin wilayah kita dipetakan dulu mana yang memang jalurnya rawan narkoba. lalu dikelompokkan sehingga petugas terkait mudah dalam melakukan control dan berkoordinasi dengan masyarakat setempat. jadi iktiar kita bersama untuk melawan narkoba ini bisa berhasil,” ucap Santo lagi.

Pada kesempatan itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Sintang, Kusnidar menyampaikan bahwa di Sintang sudah ada beberapa desa di 3 kecamatan. Ia juga menyebutkan tujuan dilakukannya program desa bersinar itu berfokus pada upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba ditingkat desa atau kelurahan.

“Lewat program desa bersinar ini kita mau meningkatkan pendampingan masyarakat desa dalam penyelenggaraan fasilitas desa bersinar yang dikelola secara partisipatif oleh masyarakat secara terpadu dan berkelanjutan serta berbasis pendayagunaan sumber daya di desa,” ungkap Kusnidar. “Di Sintang sudah ada 6 desa di 3 kecamatan yang sudah membentuk program desa bersinar, yaitu Desa Mertiguna, Desa Jerora 1, Desa Baning Kota dan Desa Sungai Ana di Kecamatan Sintang; Desa Sepulut di Kecamatan Sepauk dan Desa Kebogn di Kecamatan Kelam Permai,” tambahnya. (*)