KETUA DPRD SINTANG AJAK UNTUK SEMAKIN FOKUS DALAM MEMBANGUN

wartasintang.com: “Tahun ini kita di Sintang akan melakukan pemilihan kades (kepala desa) serentak. ada 72 desa yang akan menyelenggarakan ajang ini. Dua tahun terakhir kita merefocusing anggaran untuk menanggulangi bencana pandemi covid-19. Sehingga kegiatan pembangunan yang kita lakukan ke depan harus benar-benar terfokus, di Dedai ini salah satunya kita utamakan peningkatan jalan di beberapa desa,” papar Ronny, Jumat (17/6/2022).

Politisi Partai Nasional Demokrat itu juga mengingatkan beberapa pekerjaan rumah pemerintah daerah bersama pemerintah desa. Beberapa hal tersebut, penyediaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), pembangunan fasilitas pendidikan, serta persoalan administrasi kependudukan. Hal ini merupakan masalah-masalh yag kerap muncul di desa.

“Mari kita bekerjasama, untuk memproses bersama pembangunan yang ada. Apa-apa yang menjadi tanggungjawab kabupaten biarlah kami yang mengerjakan dan apa yang menjadi tanggungjawab desa silakan diurus oleh bapak-bapak bersama para aparatur desanya masing-masing, contoh, jalan penghubung antar desa itu tanggung jawab kami, jalan antar dusun silakan dikerjakan dengan dana desa,” pesan Ronny.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang tokoh masyarakat Dedai, Halim Hartadi menyampaikan masyarakat sudah berupaya untuk menghimpun usulan-usulan pembangunan yang berasal dari wilayah Dedai yang dibawa oleh para kepala desa. Kemudian rencana pembangunan tersebut akan dibawa ke kabupaten untuk menjadi prioritas-prioritas pembangunan ke tingkat provinsi dan nasional.

“Pada kesempatan ini, kami ingatkan kembali untuk menghimbau kepada warganya agar tetap menjaga daerahnya supaya tertib dan aman. wilayah yang kondusif akan memeudahkan untuk memasukkan program-progam pembangunan,” pesan Halim. “Kondisi ini tentu akan sangat menunjang pelaksanaan program pembangunan yang ada di kecamatan kita ini,” pungkasnya. (*)