Korban Banjir Sintang Kembali Terima Sembako dari Presiden



wartasintang.com: Pemerintah Kabupaten Sintang kembali menerima bantuan paket sembako yang kedua dari Presiden RI sebanyak 3.000 paket yang di serahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji, kepada Bupati Sintang, Jarot Winarno, di Pendopo Bupati Sintang, Minggu (21/11/2021).

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sintang sudah menerima 5.000 paket sembako bantuan untuk korban banjir dari Presiden RI yang sudah di salurkan, sehingga saat ini ada total 8. 000 paket sembako yang di terima oleh Pemkab Sintang.

Selain itu Pemkab Sintang juga menerima kembali bantuan untuk korban banjir dari Pemprov Kalbar dan CSR bantuan korban banjir dari Bank Kalbar.

Bantuan-bantuan tersebut akan di serahkan ke masing-masing kecamatan yang terdampak, sehingga selanjutkan pihak kecamatan bersama pihak desa/kelurahan yang akan menyalurkan ke kepada warga yang terdampak banjir.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyampaikan, meskipun banjir sudah mulai surut tetapi warga korban banjir masih harus membersihkan rumah dan tidak bisa bekerja sehingga bantuan sembako masih perlu kita berikan. 

"Pasca banjir ini juga kita harus serius, ada banyak kemungkinan terjadi penyakit seperti penyakit kulit, diare, DBD dan yang lain. Sampaikan ke kami apa yang diperlukan. Lihat pasca banjir ini, apa yang bisa dibuat. PU Provinsi dan PU Kabupaten bisa saling berkoordinasi," ujar Gubernur 

Menurut Gubernur, Sintang ini masih banyak membutuhkan bantuan meski wilayahnya sudah surut. 

"Nanti kita kirim bantuan lagi. Bantuan untuk sembako masih perlu. Kita juga memperhatikan pasca banjir. Karena banyak warga yang terserang penyakit, terutama gatal, diare, DBD. Ini tadi kita kirim obat," ungkap Sutarmidji.

Gubernur menjelaskan jika bantuan dari Presiden akan disalurkan untuk 5 kabupaten yang memang terkena banjir. 

"Waktu itukan Sintang saja yang dapat, lalu saya lapor dengan Kemensesneg, bahwa yang banjir itu tidak hanya Sintang saja, tetapi ada Sanggau, Sekadau, Melawi dan Kapuas Hulu juga. Akhirnya oleh Kemensesneg, ditambah lagi 20 ribu paket. Baru saya bagi-bagi ke 5 kabupaten yang terkena banjir. Masing-masing saya kasi 3 ribu paket. Sisanya kita jadikan stok, nanti kita lihat perkembangan banjir. Mana daerah yang membutuhkan lagi, kita distribusikan. Kita sudah kirim 35 truk sembako, dan masih ada cadangan 10 ribuan paket,” papar Sutarmidji

Sementara Bupati Sintang menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang sangat serius menangani korban banjir yang terjadi di Sintang. 

“Kami berterima kasih kepada Bapak Presiden sudah membantu korban banjir di Sintang,” terang Jarot Winarno. (*)