Jarot: Menteri Berharap Internet Bisa Mendorong Ekonomi Pedesaan



WARTASINTANG.COM: Menkominfo berharap dengan adanya internet di desa bisa mendorong pertumbuhan ekonomi pedesaan melalui BUMDes dengan memanfaatkan keberadaan internet untuk memasarkan produk-produk unggulan atau lainnya. 

Hal tersebut disampaikan Menteri langsung kepada Bupati Sintang Jarot Winarno saat dirinya melakukan audiensi atau menemui langsung Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Jl. Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, pada Jumat kemarin (9/4/2021). 

"Beliau pesankan juga masalah hilirisasi, agar adanya internet ini di desa bisa mendorong tumbuhnya ekonomi melalui Bumdes dari desa,"ungkap Jarot.

Pada kesempatan itu juga, Jarot menerima masukan atau pesan dari Menkominfo, Johnny G. Plate, agar saat pembangunan tower BTS itu letaknya di lokasi yang strategis, sehingga keberadaanya bisa di rasakan betul oleh masyarakat setempat. 

"Beliau juga mengingatkan para Forkopimda, Bupati agar bertanggungjawab masalah adanya tanah, lokasi dan tata ruang desa terhadap pembangunan BTS, karena jangan sampai itu di bangun di tempat yang tidak pas posisinya lalu tidak menjangkau banyak," ungkap Jarot.

Sebelumnya Bupati Sintang dihadapan Menkominfo RI Johnny G. Plate ialah untuk menyampaikan ucapan terima kasih, karena ada 164 alokasi tower BTS (Base Transceiver Station) di Kabupaten Sintang.

Jarot juga mengusulkan langsung kepada Menkominfo, agar pada tahun 2022 mendatang alokasi tower BTS di Kabupaten Sintang di tambah lagi jumlahnya. Sehingga desa-desa yang belum, bisa mendapatkan jatah alokasi pembangunan tower BTS tersebut. 

Untuk tahun 2022 mendatang, b Pemkab Sintang mengajukan tambahan alokasi 213 tower BTS, yang nantinya akan di bangun di desa-desa di wilayah Kecamatan Sintang dan Kecamatan Binjai Hulu dan terutama bagi desa-desa yang belum menerima alokasi pembangunan  tower BTS. (phs)