Sekda Buka Kegiatan Penulisan Makalah Seleksi Terbuka JPT Pratama Kabupaten Sintang Tahun 2021



WARTASINTANG :Sebanyak 29 pejabat eselon III A dan III B yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan rekam jejak oleh tim seleksi, hari ini Senin (22/3/2021) mengikuti Pelaksanaan Penulisan Makalah Sesi I dan Sesi II. 

Pelaksanaan Penulisan Makalah Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Sintang Tahun 2021, dilaksanakan di Balai Praja Kantor Bupati Sintang dan dibuka langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang  Yosepha Hasnah, yang juga ketua Tim Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Sintang Tahun 2021.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang  Yosepha Hasnah,  yang juga ketua Tim Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Sintang Tahun 2021 menyampaikan pelaksanaan penulisan makalah merupakan tahap kedua yang sudah dilalui oleh seluruh peserta. 

“Tahap pertama yakni seleksi administrasi dan rekam jejak masing-masing peserta sudah dilaksanakan. Rekam jejak memang porsi penilaiannya sangat kecil untuk seleksi tahun 2021 ini. Karena perubahan indikator dalam penilaian rekam jejak. Ini terkait dengan kesesuaian pendidikan, daftar riwayat pekerjaan dan jabatan, dan SKP,” terang Yosepha Hasnah.

Pada penulisan makalah sesi I, 29 peserta akan menulis makalah tentang masalah utama yang dihadapi oleh OPD yang dilamar. Sementara sesi II, peserta akan menulis makalah tentang program kerja yang ditawarkan oleh masing-masing peserta atas masalah yang dihadapi OPD yang dilamar. 

Untuk itu Sekda berharap seluruh peserta sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti proses penulisan makalah hari ini, sebelum mengikuti proses wawancara dan assessment.

“Makalah yang ditulis peserta ini, akan dibaca dan dinilai oleh Prof. Dr. Eddy Suratman, S.E., M.A Dosen Universitas Tanjungpura Pontianak yang sehari-harinya membimbing mahasiswa dalam penulisan makalah dan yang lainnya. Kita akan melihat kesesuaian penulisan dalam menyampaikan pemikiran peserta terhadap jabatan yang dilamar. Sistematika juga harus diperhatikan. Kami memberikan tema besar, judulnya silakan dibuat masing-masing sesuai jabatan yang dilamar,” Yosepha Hasnah.

Pada sesi pertama, peserta diberikan waktu dua jam termasuk sesi kedua dengan panjang halaman 3-5 halaman. Tetapi memang harus utuh sesuai sistematika yang ada. Penulisan makalah harus menggunakan analisa SWOT, karena jika tidak disajikan dengan utuh, akan mengurangi nilai. 

Hasil penulisan makalah akan diumumkan 26 Maret 2021 mendatang. Untuk selanjutnya mengikuti uji kompetensi. (*)