69 Pelajar Sintang Ikuti Seleksi Calon Paskibraka 2021



WARTASINTANG : Sebanyak 69 pelajar dari 27 sekolah SMA, SMK, MA Se-Kabupaten Sintang, Selasa kemarin (16/3/2021) mengikuti seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Sintang dan Provinsi Kalimantan Barat di Halaman Indoor Apang Semangai.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus Jukardi, yang membuka kegiatan tersebut mewakili Bupati Sintang mengatakan bahwa siswa dan siswi yang ikut dalam seleksi ini merupakan utusan yang terbaik di sekolah mereka. 

“Pihak sekolah tentu mengirim pelajarnya yang baik dari sisi kesehatan, fisik, dan kualitas lainnya. Kepada seluruh pelajar yang mengikuti seleksi, agar betul-betul mengikuti seleksi dengan disiplin dan benar, sehingga menjadi yang terbaik nantinya," ujarnya.

Dirinya juga meminta agar para pelatih dan tim seleksi untuk dapat memilih para calon paskibraka dengan sangat selektif, sehingga yang terpilih adalah yang berkualitas.

"Saya yakin, dengan semangat yang dimiliki oleh seluruh peserta, akan ada kader Kabupaten Sintang yang berhasil lolos ke provinsi dan nasional. Kepada guru pendamping, berikan semangat dan motivasi kepada para peserta agar mereka bisa ikut seleksi dengan baik,” kata Yustinus Jukardi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda Kantor Disporapar Kabupaten Sintang, Tasniah menyampaikan 69 pelajar dari 27 sekolah ini terdiri atas 38 putra dan 31 putri.

"Mereka ini mengikuti seleksi yang akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 16  sampai 18 Maret 2021 yang akan dipusatkan di Indoor Apang Semangai," jelasnya.

Diungkapkan juga, 69 peserta ini akan diseleksi oleh tim yang terdiri dari Disporapar, Diknasbud, Dinas Kesehatan, RSUD AM Djoen, TNI, Polri, Universitas Kapuas, Guru SMA dan SMP serta Purna Paskibraka Kabupaten Sintang.

Sebanyak 69 pelajar SMA/SMK yang ikut seleksi calon Paskibraka ini akan diperiksa soal kesehatan, parade, wawancara, kesenian, bahasa inggris, pengetahuan umum, psikotes dan peraturan baris berbaris, dan olahraga. (*)