Menjadi Tuan Rumah Festival Kabupaten Lestari, Dewan : Kita Dukung Visi Sintang Kabupaten Lestari

WARTASINTANG.COM - Pemerintah Kabupaten Sintang ditunjuk menjadi tuan rumah dalam Festival Kabupaten Lestari 2020 yang akan digelar pada 2-4 November mendatang.

Festival Kabupaten Lestari merupakan ajang promosi bagi kabupaten anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) serta mitra pembangunan atas perkembangan atau kemajuan dalam mengimplementasi visi kabupaten lestari.

Sebagai tuan rumah, Kabupaten Sintang yang merupakan bendahara Lingkar Temu Kabupaten Lestari periode 2017-2020 menyatakan siap melaksanakan seluruh agenda dalam Festival Kabupaten Lestari tersebut. 

Terkait hal ini Anggota DPRD Sintang, Welbertus mendukung penuh kegiatan ini. Menurutnya Festival Kabupaten Lestari ini sangat baik dan harapannya bisa menjadi pemicu dan daya pecut supaya visi Sintang Kabupaten Lestari bisa benar-benar terwujud nantinya.

"Visi Sintang Kabupaten Lestari itu sejalan dengan komitmen pemerintah pusat guna mewujudkan Kabupaten Lestari. Jadi itu sangat perlu dukungan dari semua pihak termasuk DPRD," ungkapnya, Jumat (23/10).

Sebagai informasi tambahan Kabupaten Sintang merupakan salah satu perwakilan dari delapan kabupaten dari enam provinsi yakni Musi Banyuasin, Rokan Hulu, Siak, Batanghari, Labuan Batu Utara, Sintang, Sanggau, dan Sigi bekerja sama dengan jejaring mitra pembangunan dan APKASI melakukan deklarasi bersama sebagai langkah awal terbentuknya forum kemitraan bertajuk Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL). 

LTKL digagas oleh para kabupaten perintis ini sebagai suatu jejaring kemitraan yang terbuka dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama atau gotong royong. Kabupaten anggota LTKL memiliki visi mampu menyeimbangkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, dengan fokus pada tata kelola lahan, baik di dalam dan/atau antar-Kabupaten, melalui metode inovatif agar sesuai dengan Target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan berkontribusi pada target penurunan emisi Indonesia. 

Dalam menjalankan visinya, Kabupaten LTKL berkomitmen untuk memegang prinsip transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik.

Dan ditunjuknya Sintang menjadi tuan rumah FKL tentunya layak diapresiasi dan didukung penuh guna mewujudkan visi Sintang Kabupaten Lestari nantinya. (*)