DPRD Sintang Dukung Komitmen Membangun Ekonomi Hijau Pemkab Sintang

WARTASINTANG.COM - Wakil Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward mendukung sepenuhnya komitmen Pemkab Sintang guna membangun ekonomi hijau di Kabupaten Sintang.

Menurutnya pembangunan ekonomi hijau merupakan suatu komitmen memajukan perekonomian daerah yang berkelanjutan.

"Kami berharap, baik itu jajaran pemerintah, masyarakat, LSM, koperasi bisa ambil bagian dalam mewujudkan visi Sintang Kabupaten Lestari. Ini perlu guna memastikan lingkungan kita bisa tetap terjaga. Kita hidup mungkin hanya sebentar, tapi generasi penerus kita juga harus kita pikirkan. Makanya kelestarian lingkungan wajib untuk kita jaga," jelasnya, Rabu (29/10).

Dan dengan ditunjuknya Kabupaten Sintang sebagai tuan rumah dalam kegiatan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) bersama Center for International Forestry Research (CIFOR) bisa menegaskan komitmen Pemkab Sintang ke arah visi membangun ekonomi lestari di Kabupaten Sintang.

"DPRD Sintang mendukung penuh kegiatan Lingkar Temu Kabupaten Lestari ini. Dari sini kita bisa belajar dan menegaskan visi menuju Kabupaten Lestari tidak hanya untuk saat ini tetapi juga untuk anak cucu kita nanti," paparnya lagi.

Sebagai informasi Pemkab Sintang sudah on-track menuju Kabupaten Lestari dengan melakukan berbagai hal seperti mengakui hutan adat dan aturan membuka lahan pertanian berbasis kearifan lokal untuk menanam komoditas lokal - ini sebagai bentuk menghargai kearifan lokal dalam sebuah peraturan. 

Untuk mewujudkan ekonomi hijau di Kabupaten Sintang tentunya perlu komitmen dan kerjasama berbagai pihak. 

"Jadi jika ada NGO yang tergerak untuk kerjasama membangun Sintang Kabupaten Lestari tentunya akan sangat baik sekali," tutupnya. (*)