Virus Corona Masuk Indonesia, Santosa : Jangan Panik dan Tetap Tenang


WARTASINTANG.COM -  Terkait munculnya korban diduga terjangkit virus Corona di Indonesia, Ketua Komisi A DPRD Sintang Santosa mengingatkan agar Pemda Sintang terus melakukan langkah konkrit penanganan virus berbahaya ini. Hal ini perlu dilakukan guna memberikan ketenangan kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak panik yang pada akhirnya makin membuat situasi tidak kondusif.

Untuk itu Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa ini berharap agar semua pihak menjaga situasi kondusif. "Masyarakat tidak perlu panik apalagi sampai memborong barang, karena kita yakin pemerintah tidak akan membiarkan masalah ini," ujar Santosa.

"Jadi jangan panik dan tetap tenang. Jika kita panik akan menyebabkan masalah lain timbul, baik perekonomian, hingga keuangan negara, itu yang kita hindari," lanjutnya lagi saat dihubungi awak media kami melalui pesan WhatsApp  (10/03/2020).

Politisi dari Dapil Kayan ini yakin Dinas Kesehatan Sintang akan siaga dan menyiapkan segala kebutuhan medis untuk mengantisipasi munculnya kasus korban corona virus di Sintang. Dan semua akan dilakukan sesuai dengan standar kesehatan WHO tentunya.

Santosa juga mengimbau agar situasi ini jangan dimanfaatkan pedagang untuk mencari keuntungan sesaat dalam kondisi ini. "Jangan sampai ada kejadian menjual masker 1 kotak sampai tiga ratusan ribu. Ini sudah tidak wajar tentunya," ujarnya lagi.

"Yang paling penting kita menjaga kesehatan, budayakan cuci tangan pakai sabun, dan selalu menjaga pikiran tenang. Kata Menkes rasa kuatir bisa membuat daya tahan tubuh kita lemah. Jadi tetap tenang dan jalankan kegiatan seperti biasanya," tutup Santosa. (*)