Terima 200 Rapid Tes Corona, Prioritas Utama PDP, Tenaga Medis, dan Paramedis

WARTASINTANG.COM – Pemerintah Pusat terus melakukan berbagai upaya dalam pencegahan dan penanggulangan penyebaran Virus Corona. Salah satunya adalah dengan mengirimkan Rapid Tes Corona ke Pemerintah Daerah guna dipergunakan sebagaimana mestinya sesuai skala prioritas.

Terkait hal ini Pemkab Sintang menyatakan bahwa Pemerintah Pusat telah mengirimkan 200 Rapid Tes untuk menekan penyebaran Virus Corona.

“Kita sudah menerima Rapid Test untuk test PDP dan tenaga kesehatan kita,” tulis Jarot Winarno lewat akun media sosialnya, Instagram  @winarnojarot.

Dalam kesempatan ini Jarot juga menuliskan di akun Instagramnya, “2 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 kita sudah membaik, kita siap2kan pindak ke Isolasi mandiri,” tulis Bupati Sintang.

Tentu saja dua kabar baik ini memberi harapan cerah bahwa Sintang bisa melawan penyebaran Virus Corona. Jarot menutup tulisannya dengan hastag #jangankalahlawancorona.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Harysinto Linoh menjelaskan bahwa alat tes ini diprioritaskan untuk PDP, tenaga medis dan paramedis yang kontak langsung dengan pasien.

Berdasarkan protokol pemeriksaan Rapid Tes yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, ada lima kriteria orang yang diperioritaskan untuk dites menggunakan Rapid Test. 

Pertama adalah tenaga medis yang kontak langsung dengan PDP, ODP usia lanjut. Kedua adalah tenaga kesehatan lain dan tenaga penunjang. Ketiga adalah petugas penyelidikan epidemiologi. Keempat adalah pasien PDP baru. Kelima adalah ODP yang berusia tua dan atau kelompok rentan. (*)