Komisi A DPRD Sintang Minta Masyarakat Kawal Hasil Musrenbang Hingga Pembahasan Di DPRD


WARTASINTANG.COM - Musrenbang atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan dilakukan guna memastikan tiap program dan rencana kerja bisa tepat guna dan tepat sasaran. Oleh sebab itu Anggota DPRD Sintang dari Komisi A, Agrianus meminta masyarakat mengawal hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) hingga pembahasan akhir di DPRD.

Pernyataan ini dikeluarkan karena kemarin Pemkab Sintang baru saja membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kabupaten Sintang tahun 2020, yang dilaksanakan di Gedung Pancasila Sintang, pada Jumat, (20/03/2020).

Musrenbang tingkat Kabupaten Sintang tahun 2020 tersebut membahas tentang penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 dengan mengangkat tema peningkatan infrastruktur dasar,sumber daya manusia dan ekonomi kreatif dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan didukung keterbukaan Pemerintahan menuju Sintang yang berkelanjutan.

Dalam pemaparannya, Bupati Sintang mengatakan bahwa menjelang diakhir masa jabatannya sebagai Bupati Sintang,  akan melaksanakan pemantapan program pembangunan,

“Ini adalah perencanaan untuk di tahun 2021, tahapannya seperti ini, saya dengan pak Wakil Bupati sudah memasuki periode terakhir untuk tahapan RPJMN, sehingga hal ini kita sebut dengan tahapan pemantapan, artinya adalah kita hanya tinggal memantapkan apa yang sudah kita capai selama ini dalam berbagai bidang apapun," kata Jarot.

Untuk itu Agrianus meminta masyarakat untuk mengawal hasil Musrenbang tersebut supaya dapat terlaksana sesuai dengan hasil musyawarah bersama hingga ke DPRD.

"Peserta Musrenbang harus mengawal hasil musrenbang hingga ke DPRD karena di sana akan diputuskan, jangan sampai apa yang direncanakan jadi hilang," kata Agrianus kepada awak media kami melalui pesan whatsapp, Sabtu (21/3/2020).

Ia berharap hasil rumusan dan usulan warga bukan sekedar formalitas bahkan seremonial belaka saja.Tetapi suatu komitmen untuk diakomodir guna kepentingan masyarakat untuk menuju Kabupaten Sintang yang lebih baik lagi.

“Kegiatan ini memang sudah menjadi agenda tahun yang mengakomodir kepentingan masyarakat agar nantinya menjadi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), 2021,” pungkasnya.  (*)