Deklarasi ODF Desa Mapan Jaya, Bupati Sintang Harap Semua Lapisan Masyarakat Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat



WARTASINTANG.COM - Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari buang air besar sembarangan dilakukan di Desa Mapan Jaya. Kegiatan ini untuk mewujudkan Desa Mapan Jaya yang sehat, bersih, dan bebas dari buang air besar sembarangan. Bupati Jarot hadir langsung untuk mendeklarasikan Desa Mapan Jaya Kecamatan Kayan Hulu sebagai Desa ODF, Rabu (11 Maret 2020)

"Baru baru ini kita dihebohkan dengan namanya penyebaran Virus Corona yang sudah menguncang dunia bahkan sudah sampai ke Indonesia negara kita tercinta ini, patut kita waspadai juga kita hindari Virus Corona ini sebab sampai sekarang masih belum ketemu anti-virus untuk mengatasi penyakit tersebut," terang Bupati Sintang ketika menyampaikan kata sambutan dalam kegiatan ini.

"Pada hari ini kita bersyukur di Kabupaten Sintang terutama di Desa Mapan Jaya ini kita masih bisa mendeklarasikan sebagai Desa ODF, sebab kita masyarakat desa senantiasa sadar dan memahami pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari," lanjut Jarot.

Dalam kesempatan ini Jarot mengajak masyarakat Mapan Jaya untuk menjaga desa juga lingkungan dengan menerapkan pola hidup bersih dengan tidak buang air besar sembarangan.Supaya Desa Mapan Jaya sehat, bersih, dan bebas dari buang air besar sembarangan.

Jarot yang pernah berkecimpung di dunia medis selama 34 tahun di pedalaman Kalimantan ini memaparkan pentingnya untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan selalu mencuci tangan sebelum memegang makanan, selalu menutup makanan dengan baik, selalu membuang sampah rumah tangga dengan benar, dan membuang limbah rumah tangga dengan benar. 

"Dengan begitu kita bisa menghindari berbagai macam penyakit yang disebabkan dari binatang, seperti lalat dan bintang lain nya," sambung Bupati Sintang.

Pola hidup sehat dan bersih ini bisa membuat kita terbebas dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Selain itu juga bisa menurunkan angka stunting anak di Kabupaten Sintang. Dan salah satu cara sederhananya adalah dengan stop buang air besar sembarangan.

"Saya bangga karena Desa Mapan Jaya ini merupakan desa pertama di Kayan Hulu yang mendeklarasikan sebagai desa ODF atau tidak buang air besar sembarangan. Dengan Desa ODF ini merupakan bagian dari sanitasi total berbasis masyarakat, bukan hanya sekedar bikin kloset dan tidak buang air besar sembarangan saja tapi harus menjalankan kebiasan hidup bersih lainnya," tutup Jarot Winarno. (*)