Menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri TPID Sintang Tinjau Harga Sembako di Pasar Masuka

WARTASINTANG.COM - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sintang melakukan pemantauan terhadap perkembangan stok dan harga berbagai kebutuhan pokok dan penting masyarakat Kabupaten Sintang, pada hari Kamis, (9 Mei 2019) di Pasar Sayur Masuka.

Dra Yosepa Hasnah, M.Si selaku Ketua Harian TPID Kabupaten didampingi anggota TPID lainnya seperti Kadis Perindagkop dan UKM Sudirman, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Zulkarnaen, Kadis Perkebunan dan Pertanian Veronika Ancili, Kepala Kantor Kesbangpol Budi Harto, Kepala Perum Bulog Sub Divre Sintang Maradona Singal, Camat Sintang Anna Prihatina, dan Tim Satgas Pangan Polres Sintang meninjau langsung kondisi harga sembako di pasar.

Untuk memastikan harga kebutuhan masyarakat di pasar, selain berdialog dengan penjual, Tim TPID langsung membeli sebagai contoh dan bukti. Hasil pemantauan selanjutnya akan dibawa kedalam rapat tim untuk selanjutnya diambil langkah antisipasi.

Tim TPID Sintang selain berdialog juga mencatat semua hasil pantauan selama di Pasar Sayur Masuk Sintang. Memang terdapat kenaikan harga namun masih dalam kategori wajar dan terjangkau. Dan yang paling penting stok yang tersedia juga mencukupi.

Yosepha Hasnah menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pantauannya harga cabe masih normal. Ada kenaikan harga bawang, daging ayam, sapi namun masih dalam kategori wajar. Dan untuk mengontrol harga dan juga ketersediaan stok selama Ramadhan maka mereka akan koordinasi dengan Bulog guna melakukan operasi pasar.

Ketika dialog dengan para pedagang didapatkan informasi bahwa belum ada lonjakan permintaan telur. Menurut Aweng agen telur Sintang, mungkin seminggu sebelum Idul Fitri baru ada lonjakan permintaan telur dan untuk itu mereka telah memasok telur dari Singkawang.

Abun salah satu agen ikan di Pasar Masuka juga menyampaikan bahwa pasokan ikan sangat lancar ke Kota Sintang, “Permintaan akan ikan masih normal sehingga harga masih stabil,” terang Abun. (*)