Puasa Saat Hamil, Siapa Takut..! Berikut ini 7 Tips Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa Bagi Ibu Hamil


WARTASINTANG.COM - Puasa di bulan Ramadhan adalah hadiah bagi umat muslim di seluruh dunia. Saat ini adalah momen yang tepat untuk mempersiapkan diri menyambut hari kemenangan yang fitri. Tak terkecuali untuk ibu hamil walaupun mereka memiliki kelonggaran untuk tidak berpuasa.

Dan berikut ini adalah 7 tips tubuh tetap sehat bugar saat puasa bagi ibu hamil.

1. Jangan stress - pikiran harus rileks ketika berpuasa

Hal ini penting karena hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil punya potensi hormone stress yang lebih tinggi ketika berpuasa. Jadi jangan stress namun pikiran harus rileks.

2. Sebisa mungkin berada di ruangan yang adem dan udara segar

Ibu hamil tidak boleh dehidrasi karena dehidrasi bias membahayakan ibu dan calon bayi. Jadi sebisa mungkin hindari ruangan panas tetapi carilah tempat yang adem.

3. Jangan bekerja berat - hindari angkat beban berat jika kondisi tubuh lemah

Bagi ibu hamil sangat penting menjaga kondisi fisik ketika berpuasa. Hindari kerja terlalu berat dan jangan angkat beban berat juga apalagi jika kondisi tubuh lemah. Jam kerja juga diatur sedemikian rupa jika mau berpuasa supaya tidak kelelahan.

4. Pilihlah makanan yang tepat ketika sahur maupun berbuka puasa bagi ibu hamil

Ibu hamil harus menjaga pola makan sehat terlebih lagi jika berpuasa saat sedang hamil. Pilihlah makanan yang mengandung karbonhidrat komplek dan tinggi serat.

5. Kurangi makanan dengan kadar gula tinggi alias yang manis-manis

Hal ini sangat penting karena perubahan kadar gula darah yang terlalu cepat dapat menyebabkan lemas dan pusing. Jadi nggak bagus kan bagi ibu hamil puasa dengan kondisi demikian.

6. Konsumsi kacang-kacangan dan makanan tinggi protein lainnya

Kacang-kacangan dan makanan tinggi protein pilihan yang tepat bagi ibu hamil. Telur rebus (putih telur), daging sapi, ikan itu baik.
7. Perhatikan pasokan air mineral saat sahur dan berbuka

Air mineral sangat penting bagi metabolisme tubuh kita apalagi ketika sedang berpuasa. Usahakan mencukupkan kebutuhan air per hari sekitar 1,5-2 liter pada saat sahur dan berbuka. Hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi, karena dapat memicu terjadinya dehidrasi.

Sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan kondisi tubuhnya. Jika muncul gejala demam, pusing, dan sejenisnya segera konsultasi ke dokter. Apalagi terjadi penuruan berat badan pada ibu hamil.

Demikianlah 7 tips tetap bugar berpuasa bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat.