Jarot Winarno Hadiri Tali Asih Ramadhan ICMI Sintang di Betung Sari

WARTASINTANG.COM - Bulan Suci Ramadan juga merupakan bulan untuk saling berbagi dan peduli sesama. Seperti halnya yang di lakukan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Sintang yang melakukan program Ramadan For Us yakni kegiatan Tali Asih Ramadan dengan menyalurkan bantuan dari berbagai donator berupa pakaian, sembako, pelayanan kesehatan gratis dan kebutuhan hidup lainnya kepada masyarakat Muslim di Dusun Betung Sari, Desa Ampar Bedang Kecamatan Binjai Hulu, pada Sabtu (25/5/19) pagi.

Letak Dusun Betung Sari sendiri berada tidak jauh dari Kota Sintang yakni hanya memakan waktu sekitar 15 menit perjalanan melalui jalur air menggunakan speedboat 40pk. Kendati demikian, dusun ini belum ada akses jalan darat yang memadai, jaringan listrik dan sinyal telekomunkasi, sehingga hal tersebutlah menjadi tujuan utama ICMI Sintang.

Kegiatan tersebut turut dihadiri langsung oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno,M.Med.PH. Selain itu hadir juga ketua ICMI Orda Sintang Kurniawan, S.Sos.M.Si beserta pengurus, unsur Forkopimcam Binjai Hulu dan pihak terkait lainnya.

Ketua ICMI Orda Sintang Kurniawan mengatakan bahwa untuk pertama kalinya ICMI membuat suatu agenda dalam bulan suci Ramadan ini yakni Ramadan For Us atau Ramadan Untuk Semua di mana kegiatan tersebut di beri nama Tali Asih Ramadan yang juga merupakan bagian dari syiar Ramadan ICMI untuk saling berbagi kepada saudara-saudra Muslim di daerah. Dimana pihaknya berkunjung ke suatu tempat dengan membawa sumbangan dari umat yang mampu untuk di sampaikan kepada saudara-saudara Muslim yang membutuhkan uluran tangan dan kepedulian sesama.

“Sehingga dalam kegiatan ini di serahkan bantuan yang di himpun dari berbagai pihak sebagai donator yakni 97 paket sembako, 40 kodi pakaian dimana satu kodi itu 20 kilogram dan juga di adakan pengobatan gratis bagi masyarakat Dusun Betung Sari ini,” kata Kurniawan.

Ditambahkan Kurniawan bahwa berkah Ramadan ini ingin ICMI tebarkan, sebarkan sebanyak-banyaknya kepada semua. Sehingga untuk Ramadan ini sebelumnya ICMI mencari tempat yang harus di kunjungi. Akhirnya di temukanlah tempat di Dusun Betung Sari Desa Ampar Bedang ini yang memang saat ini di dusun tersebut masih perlu perhatian khusus baik dari ICMI maupun Pemerintah Kabupaten Sintang karena untuk akses jalan darat, listrik dan jaringan telekomunikasi belum mampu sepenuhnya di nikmati oleh masyarakat setempat.

“Tempat ini merupakan rekomendasi dari salah satu pengurus ICMI Sintang karena di dusun ini juga mayoritas Muslim sehingga kita datang kesini, dan kita beranggapan pun di dusun ini perlu juga dilakukan pembinaan lebih dalam lagi atau berkelanjutan sehingga nantinya ini akan jadi program ICMI secara terus menerus untuk pembinaan,” tutup Kurniawan.

Sementara itu, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan sangat memberikan apresiasi kepada ICMI Sintang yang sudah melakukan program Tali Asih Ramadan ini dimana dalam kegiatan ini di salurkan bantuan atau sumbangan dari berbagai pihak donator kepada masyarakat Dusun Betung Sari, sehingga pemerintah Kabupaten Sintang sangat mendukung dan memberi apresiasi yang luar biasa, karena ini juga dapat membantu Pemerintah Kabupaten Sintang.

“Yang banyak dirasakan selama Bulan Suci Ramadan ini hikmah kegiatan muamalah Ramadan, ini adalah bentuk silaturrahim kita semua, Alhamdulillah dengan silaturrahim ini In Shaa Allah akan memperpanjang umur dan membuka pintu rejeki selebar lebar. Alhamdulilah hari ini masyarakat Dusun Betung Sari ini mendapatkan bantuan dan uluran dari saudara-saudara di Sintang,inilah berkah dan hikmah Ramadan untuk semua,” kata Jarot.

Melalui momentum itu juga Jarot mengajak masyarakat Dusun Betung Sari untuk memanfaatkan hari-hari terkhir di Bulan Suci Ramadan ini, karena mengingat Ramadan hanya tersisa sekitar 10 hari terakhir lagi dimana pada 10 hari terakhir ini ada yang namanya malam seribu bulan yakni malam Lailatul Qadar. “Berjaga-jagalah sidak duan, kita semua 10 hari terakhir tuk,” pesan jarot.

Jarot menambahkan kedatangan dirinya ke Dusun Betung Sari ini juga bertujuan mendengar keluhan masyarkat setempat. Karena memang masalah yang di keluhkan masyarakat saat ini ada beberapa poin seperti akses jalan, listrik dan sinyal komunikasi. Untuk itu dirinya meminta pihak dusun melalui pihak desa mengajukan permohonan dalam bentuk proposal kepada dirinya. Sehingga nanti akan di carikan solusi untuk masalah- masalah tersebut.

Pada kesempatan itu juga Jarot menyerahkan langsung bantuan kepada masyarakat baik dari dirinya secara pribadi maupun dari rombongan Tali Asih Ramadan tersebut.