Jarot Winarno Melakukan Kunker Ke Desa Kupan Jaya Kecamatan Tempunak

WARTASINTANG.COM - Untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh Kabupaten Sintang Bupati Jarot melakukan kunjungan kerja ke Desa Kupan Jaya, Kecamatan Tempunak, Sintang, Sabtu (23/02/2019).

Jarak tempuh yang cukup jauh ditambah lagi beberapa titik jalan yang kurang bersahabat untuk menuju bagian hulu Kecamatan Tempunak ini membuat mobil rombongan sempat amblas juga.

Namun orang nomor satu di Kabupaten Sintang ini tetap berjuang untuk mencapai tujuan menemui masyarakatnya di Desan Kupan Jaya. Rencana awalnya kedatangan Bupati Jarot adalah untuk menutup turnamen sepakbola Kupan Jaya Cup 2019. Namun dikarenakan akses jalan yang kurang baik dan cuaca yang kurang bersahabat membuat Bupati dan rombongan tidak dapat menunggu hingga selesai pertandingan final dikarenakan cuaca yang kurang bersahabat dan kondisi jalan yang kurang baik.

Bupati Jarot menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk pelaksanaan program desa yang dicanangkan Bapak Presiden, pengembangan sarana olah raga desa. "Selain itu pembuatan embung, pembentukan BUMDes dan pemilihan produk unggulan desanya, itu kata pak kadesnya sedang dalam proses," lanjutnya. Lapangan sepak bola yang sudah dilengkapi dengan podium semi permanen dan pagar kayu di Desa Kupan Jaya terlihat ramai sore itu. Ribuan warga dari berbagai desa sekitar tampak memadati pinggir lapangan.

Dengan adanya kegiatan olahraga akan menarik banyak pengunjung dan di situ roda ekonomi akan bergerak lebih cepat. “Ada kehidupan di sarana olahraga,” kata Jarot.

"Ini ada pekawai, sejenis durian. Ada buah Embak, seperti manggis. Ada buah Perut Kelik, seperti rambutan kecil, sebesar jari kelingking," tuturnya.

"Hutan kita memberi sangat banyak hasil bumi, bisa langsung kita nikmati setiap waktu," tambahnya.
Sebagai salah seorang penggemar olahraga sepak bola, Bupati Sintang tampak sangat menikmati pertandingan final tersebut. Laga final ini mempertemukan tim dari Desa Pulau Jaya Pulau Seperanduk Kecamatan Tempunak melawan tim SP2 Solam Raya Kecamatan Sungai Tebelian.

Disela-sela kunjungan tersebut, Bupati Sintang menyempatkan diri meresmikan salah satu warung kopi milik warga. Beliau menyebut inilah bentuk perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan pinggir Sintang.

"Saat ini di Kupan Jaya prioritas pembangunan kita itu soal ketersediaan listrik, sinyal dan jalan," ungkapnya. (*)