Bupati Sintang Pimpin Sidak Guna Memastikan OPD Masuk Dinas Pasca Cuti Bersama



WARTASINTANG.COM - Guna memastikan kinerja dinas setempat memberikan layanan pasca cuti bersama, Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno bersama Sekda Sintang Dra. Yosepha Hasnah, memimpin langsung inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah atau ke sejumlah instansi pelayanan publik di lingkungan pemerintah Kabupaten Sintang seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kantor Camat Sintang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Rumah Sakit Rujukan Ade M Djoen Sintang, Selasa (02/01/19) pagi.

Orang nomor satu di Kabupaten Sintang ini mengatakan bahwa sidak ini penting guna memastikan layanan masyarakat berjalan pasca cuti bersama Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Hal ini penting sehingga masyarakat yang mau mengurus KTP, proses perizinan DPMPTSP, serta pelayanan rumah sakit dapat terlayani dengan baik.

“Yang pertama saya mau liat pelayanan publik langsung ya di Kecamatan Sintang, tapi rupanya di kecamatan belum berfungsi dengan baik, yang kedua saya ke kantor DPMPTSP karena ini penting kita sudah canangkan bahwa jadwal ini kita full dengan online single submission dalam rangka memberikan kemudahan kesempatan berusaha agar kompetitipnes antar daerah dan negara kita semakin baguslah ya,” kata Jarot.

Bupati Sintang mau memastikan dinas terkait memberikan pelayanan terbaik pasca cuti bersama. Pelayanan perizinan usaha misalnya, sebagai kota yang sedang berkembang layanan pembuatan IMB, izin HBU, izin HPL, izin tempat hiburan dan lain sebagainya pastilah membutuhkan pelayanan dinas terkait. Untuk itu maka harus dipastikan pelayanan dapat berjalan dengan baik.

Bupati Sintang juga sidak ke Catatan Sipil guna memastikan pelayanan di sana juga telah berjalan dengan baik. Menurutnya pengurusan surat menyurat penting harus segera diselesaikan karena berdekatan dengan Pemilu, supaya hak politik masyarakat tidak hilang.

“Sementara di Capil proses pelayanan bagus ya pasca cuti bersama ni, pelayanan tetap lancar seperti hari-hari biasa, sidak ke Capil ini penting karena ini berkaitan dengan proses penyelenggaraan pemilu, tadi saya cek, jangan sampai hak politik orang hilang gara-gara masalah teknis belum terekam di e-ktp,” tutur Jarot.

Kedatangan rombongan Bupati saat melakukan sidak di Capil Sintang disambut baik oleh Syarif M Taufiq selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sintang. Dan Pak Taufiq memastikan bahwa kinerja kota Sintang akan lebih baik di kemudian hari.

“Alhamdulillah rekan-rekan media bisa lihat tadi semua loket berfungsi dengan baik, walaupun beberapa orang yang izin dan ada juga yang cuti ya, kalau yang tidak ada keterangan tadi saya cek tidak adalah, kalau izin dan cuti ada keterangan suratnya ya,” kata Taufiq.