Awal Tahun 2019 Ini Bupati Sintang Lelang Perdana Dua Paket Proyek. Apa Saja?

WARTASINTANG.COM - Bupati Jarot Winarno hari ini Senin, 14/01/19, melakukan lelang perdana dua paket proyek pekerjaan di Pemerintah Kabupaten Sintang. Jarot Winarno menyampaikan hal ini ketika melaksanakan apel bulanan sekaligus silahturahmi Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Launching ditandai dengan menekan tombol sirine oleh Bupati Sintang, Wakil Bupati Sintang dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang.

Adapun dua proyek yang dilelang adalah proyek pembangunan kembali eks asisten residen Kabupaten Sintang Rumah Jabatan Bupati Sintang senilai 4, 9 Milyar dan pembangunan gedung kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Sintang tahap I senilai 973 juta. Proses pendaftaran untuk kedua paket proyek ini akan berakhir pada Senin 21 Januari 2019.

“Di daerah kita, tahun 2019 saya sebut sebagai tahap percepatan, yang mencapai fokus RKPD 2019 yaitu penurunan angka kemsikinan melalui peningkatan infrastruktur dasar, sanitasi dan optimalisasi air bersih serta peningkatan sumber energi baru terbarukan,” kata Bupati Sintang.

“Dengan bekal APBD sebesar 1,9 triliun, kita selaku aparatur pemerintah daerah harus berfikir lebih cepat, bertindak lebih cepat dan juga mencapai hasil pembangunan lebih cepat. Maka dari itu, pada hari ini, saya akan melaunching lelang beberapa kegiatan pembangunan daerah di tengah publik. Target kita, dengan lelang yang lebih awal ini, semua target pembangunan daerah dapat cepat kita hasilkan di tahun 2019,” lanjut Bupati Sintang lagi.

Adapun kedua paket proyek yang dilelang perdana ini memiliki skala prioritas utama. Percepatan proses lelang Rumah Dinas Bupati Sintang dikarenakan bangunan ini sangat dibutuhkan untuk berbagai kegiatan Pemerintahan Kabupaten Sintang.

Sedangkan pembangunan gedung kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman bersumber dari dana APBD Kabupaten Sintang. Kalau kita cepat melakukan lelang dan melaksanakan seluruh proyek. Maka akan mudah dalam menyusun anggaran perubahan nanti,” terang Bupati Sintang.

Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH, juga menegaskan bahwa pada tahun 2019 ini adalah tahun percepatan dalam mencapai target RPJMD tahun 2016-2021. Setelah sebelumnya tahun 2017 adalah tahap konsolidasi dan tahun 2018 sebagai tahap penguatan pembangunan Kabupaten Sintang.

Dan melalui upaya mengakselerasi implementasi seluruh program prioritas yang terdapat pada 6 Prime Mover Pembangunan Daerah, tahun ini sangat krusial dalam menjembati pondasi pembangunan yang sudah terbangun sebelumnya.

"Dengan tujuan akhir hendak dicapai  di tahun 2021 mendatang. Oleh karena itu, penyusunan APBD tahun 2019 harus sungguh-sungguh kita lakukan agar menghasilkan postur dan substansi APBD yang baik, tepat, berkualitas dan berdampak luas untuk kemajuan Kabupaten Sintang tahun 2019," lanjut Jarot Winarno.

Jadi, menurut Jarot Winarno di tahun 2019 ini kinerja harus lebih maksimal karena ini adalah tahun percepatan pembangunan. Jadi tema pembangunan tahun depan tentu penurunan angka kemiskinan melalui optimalisasi infrstruktur dasar, sanitasi air bersih, dan energi baru dan terbarukan. (*)