Ternyata Banyak Bercinta Akan Mempertajam Ingatan Wanita, Jadi Gimana Nih...


WARTASINTANG.COM, Kesehatan - Manfaat seks dan hubungan intim telah lama diteliti. Tapi rupanya, para wanita yang sering dan rutin melakukannya, akan mendapatkan manfaat lebih. Seperti para istri dalam pernikahan dengan hubungan seksual yang sehat. Beberapa penelitian yang dilakukan di McGill University di Montreal menyebutkan, berhubungan intim bisa membuat daya ingat wanita menjadi lebih baik dan mengesankan.

Dikutip dari laman Boldsky, Minggu (17/6/2018), para peneliti menemukan jika efek kepuasan dari hubungan intim bisa membuat otak menjadi semakin rileks. Hubungan seks yang memuaskan dan memberikan orgasme yang maksimal bisa membuat suasana hati bahagia.

Rasa bahagia inilah yang nantinya mendorong seseorang khususnya para wanita memiliki daya ingat yang kuat dan baik. Tak hanya daya ingat kuat, wanita yang sering melakukan hubungan intim bersama suami juga memungkinkan dapatkan otak yang semakin cerdas.

Prof Larah Muander, seorang ahli seksologi mengatakan, "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa penetrasi penis-vagina bisa saja memiliki efek menguntungkan pada fungsi memori atau daya ingat. 

Mereka yang memiliki hubungan intim cukup bahkan sering setiap harinya, akan mendapatkan efek otak yang semakin sehat. Ini juga membuat daya ingat semakin kuat."

Para peneliti yang telah melakukan penelitian terhadap 78 wanita usia 18 sampai 29 tahun dan telah bersuami atau melakukan hubungan intim ditemukan bahwa wanita yang lebih sering melakukan hubungan intim serta mencapai klimaks yang maksimal memiliki daya ingat yang kuat.

Jarang Berhubungan Intim Bikin Kurang Fokus

Sementara itu, wanita yang jarang melakukan hubungan intim juga jarang mencapai klimaks, ditemukan bahwa mereka rentan mengalami lupa, kurang fokus dan kurang bahagia.

Penelitian lain yang dipublikasikan di dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menunjukkan bahwa frekuensi hubungan intim positif berkaitan dengan kemampuan otak dalam mengingat kata-kata yang ia dengar atau pengetahuan dalam bentuk tulisan.

Seringnya frekuensi hubungan intim akan membuat jaringan baru di hippocampus tumbuh. Pertumbuhan inilah yang nantinya berpengaruh pada emosi, daya ingat serta sistem saraf otonom di otak.

Mengingat akan begitu bermanfaatnya hubungan intim bagi otak, para peneliti sangat menyarankan agar pasangan suami istri senantiasa melakukan hubungan intim yang cukup.

Meski melakukan hubungan intim yang cukup dan terbilang sering baik buat daya ingat wanita, peneliti juga menyarankan agar hubungan intim itu tidak dilakukan terlalu sering karena bisa saja hubungan tersebut menyebabkan rasa bosan dan tidak maksimalnya hubungan yang dilakukan.