Hampir 70 Persen Desa-desa Terpencil Belum Teraliri Listrik, Ini Kata Dewan

WARTASINTANG.COM, SINTANG - Listrik saat ini masih menjadi hal langka di beberapa daerah terpencil di Kalimantan Barat. Akses penerangan belum maksimal dan warga sekitar masih banyak yang menggunakan genset untuk penerangan. Tentu saja hal ini tidak efektif dan efisien namun apa daya belum terjangkau jaringan listrik.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi C DPRD Sintang Heri Maturida, menurutnya pemerintah belum optimal dalam memenuhi kebutuhan listrik di Kalbar khususnya Kabupaten Sintang. Terutama desa-desa yang cukup jauh dari ibukota kabupaten maupun desa-desa terpencil.

Tentu saja hal ini harus mendapatkan perhatian ekstra karena listrik adalah kebutuhan penting masyarakat dan sangat menunjang kehidupan masyarakat.
Menurutnya, kemungkinan 70 persen desa-desa terpencil belum teraliri listrik. Kondisi ini terjadi begitu lama dan belum ada solusi konkrit dari Pemerintah Daerah, Propinsi maupun Pemerintah Pusat. Tentu saja ini adalah hal yang miris di masa atau era teknologi ini.
Ia pun menyambut baik Program Indonesia Terang (PIT) bila berjalan maksimal, sehingga diharapkan dapat langsung menyentuh masyarakat yang berada di sejumlah desa terpencil di Sintang. ”Jika memang ada, kami sangat mendukung sekali program ini,” katanya pada media ini (15/3/18), Kamis (red).