Boleh Lakukan Kreasi dan Inovasi, Tetapi Jangan Hilangkan Unsur Nilai Budaya

WARTASINTANG.COM, SINTANG - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Jeffray Edward mengatakan pengembangan kreasi dan inovasi sah-sah saja dilakukan. Asalkan dalam pengembangan tersebut tidak menghilangkan unsur nilai budaya. Hal ini merujuk semakin banyaknya budaya dan kerajinan tangan yang dikreasikan. Khawatirnya hal ini dapat menghilangkan kemurnian nilai budayanya.

“Banyak ditemui kreasi budaya mulai dari seni tari maupun kerajinan. Memang lebih menarik, namun perlahan nilai budaya semakin luntur,” sebut Jeffray. 

Menurut Jeffray, kreasi dan inovasi boleh saja dilakukan. Asal, tidak menghilangkan unsur nilai budaya didalamnya. 

“Budaya harus dilestarikan. Tarian Ngajat gerakannya maupun tabuhannya masih murni. Saya apresiasi hal ini. Artinya, ada upaya menunjukkan pada dunia bahwa masih melestarikan kemurnian budaya. Selain tarian, kalau di pasar hanya bisa lihat manik-manik yang sudah dikreasikan, di museum kita bisa lihat kreasi manik yang dilengkapi dengan makna dari setiap motifnya,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Welbertus Anggota DPRD Sintang  yang mengatakan bahwa saat ini banyak kreasi budaya maupun kerajinan tangan banyak kreasi dan inovasi. Dan harapannya unsur budaya tetapi ada didalamnya. (red/flm)