Peresmian Bandara Tebelian Harus Dipercepat Karena Keberadaannya Sudah Menjadi Kebutuhan

WARTASINTANG.COM, Sintang - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang Hardoyo mendukung penuh bandara Tebelian segera dioperasionalkan. Dan harapannya adalah Presiden Jokowi bisa hadir untuk meresmikan Bandara Tebelian karena kehadiran Presiden dipandang akan memberikan efek besar bagi pembangunan di kawasan timur Kalimantan Barat. 

“Peresmian Bandara harus dipercepat. Keberadaan Bandara Tebelian sudah menjadi kebutuhan,” kata Hardoyo kepada awak media (20/2/18). 

Menurut Hardoyo bagi sisi keamanan posisi bandara Susilo sudah tidak mendukung. Berada di tengah kota dan dekat pemukiman penduduk. Pertimbangan keselamatan penerbangan mesti menjadi perhatian. Kawasan bandara disebutnya perlu lokasi yang steril jauh dengan ativitas masyarakat ramai.

Sebagai gambaran, ujung landasan bandara Susilo cukup dekat dengan jalan MT Haryono. Batasnya hanya pagar kawat. Pesawat mendarat maupun lepas landas sangat terlihat jelas dari jalan MT Haryono. Tidak jarang pengendara sengaja berhenti untuk melihat pesawat saat lepas landas maupun mendarat. Karena itu operasional bandara Tebelian dipandang sudah sangat diperlukan. Ia menilai kehadiran Bandara Tebelian akan memberi dampak positif bagi kemajuan Daerah.

Tidak Hanya Melayani Rute Sintang Pontianak atau Sebaliknya

Pelayanan rute penerbangan dengan melihat kapasitas bandara Tebelian sangat pantas tidak hanya untuk rute Sintang-Pontianak maupun sebaliknya. Namun harus bisa menghubungkan Sintang ke pulau Jawa secara lansung tanpa transit ke bandara Supadio Pontianak. 

“Bukan hanya pesawat kecil  tapi pesawat ukuran besar juga bisa mendarat di bandara Tebelian,” kata Hardoyo.(red)