Wow, Pengemis Pura-pura Tangan Buntung di JakBar Raup Rp 150 Ribu perHari


WARTASINTANG.COM, Jakarta - Seorang pengemis bermodus tangan buntung diamankan petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Barat. Pengemis tersebut diamankan di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Olimo, Taman Sari, Jakarta Barat.

Pengemis yang diketahui bernama Tedy (38) itu sebelumya pernah diamankan oleh petugas. Namun ia belum jera sehingga tetap melancarkan aksi mengemisnya dengan modus tangan buntung.

"Kini Tedy kembali dijangkau oleh petugas P3S Jakarta Barat di tempat yang sama," ujar Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Barat Salamun dalam keterangannya, Senin (26/12/2016).

Salamun menjelaskan, ketika hendak diamankan, Tedy berusaha melarikan diri. Namun petugas dengan sigap segera mengamankan Tedy dan langsung dimasukkan ke dalam mobil operasional untuk penjangkauan penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Tedy yang merupakan warga Cengkareng ini sehari-hari tinggal di kolong Jembatan Olimo. Atas perbuatannya, dia kembali masuk ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Kedoya untuk mendapatkan pembinaan.

Salamun mengimbau kepada seluruh warga Jakarta agar tidak memberi uang kepada pengemis. Salamun menyarankan agar warga menyalurkan bantuan kepada lembaga-lembaga resmi.

"Petugas P3S sudah beberapa kali menjangkau Tedy, tapi tidak membuat Tedy jera. Setiap hari dari hasil mengemis bisa mengumpulkan Rp 30 ribu sampai Rp 150 ribu," pungkasnya.

sumber: detik.com