LARANGAN MUDIK: Hari ketiga, Petugas Posko Dapati 3 Orang Positif Covid-19



WARTASINTANG.COM: Memasuki hari ketiga beroperasionalnya Posko Covid-19 Kabupaten Sintang di Desa Sepulut Kecamatan Sepauk, petugas posko covid-19 berhasil mendapati 3 orang yang positif covid-19. Ketiga orang tersebut dinyatakan positif covid-19 setelah dilakukan test swab antigen.

"Dari laporan yang masuk, benar petugas kita di posko mendapatkan 3 orang yang berdasarkan hasil rapid test antigen positif covid-19," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang, Bernard Saragih, ketika dihubungi media ini, Minggu (9/5/2021).

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang, Bernard Saragih, ketiga orang yang positif covid tersebut didapatkan dalam dua shift tugas.

"Shift pertama pukul 07.00 - 19.00 wib, petugas mendapati dua orang dan 1 orang lagi didapati petugas yang shift pukul 19.00 - 07.00 hari Minggu ini," jelas Bernard Saragih.

Pada razia pukul 07.00 - 19.00 wib, petugas gabungan yang berjumlah 27 orang berhasil merazia 35 kendaraan berbagai jenis, yakni 3 mobil box, 2 mobil keluarga, 3 kendaraan ekspedisi, 4 motor dan 3 pick-up. Dari hasil penyekatan kendaraan tersebut, petugas juga melakukan rapid test antigen kepada 50 orang, yang hasilnya 48 orang dinyatakan negatif, 2 orang positif covid. 

"Mereka yang ditemukan hasil Rapid antigen positif dibawa ke Rumah Sakit Rujukan Rusunawa Sintang menggunakan mobil Ambulans dengan pengawalan petugas Pospam guna dilakukan perawatan dan isolasi," ungkap Bernard Saragih.

Petugas juga mendapati satu buah mobil keluarga (Avanza) dari Pontianak tujuan Sintang atas inisiatif sendiri kembali ke arah pontianak karena menolak di periksa swab antigen yang di sarankan tim satgas Posko Sepulut Kabupaten Sintang.

Sementara itu, di shift yang kedua dari pukul 19.00 - 07.00 wib Minggu pagi, sebanyak 27 petugas gabungan berhasil melakukan penyekatan terhadap 71 kendaraan yang terdiri dari 15 taksi, 8 mobil boks, 14 mobil keluarga, 21 kendaraan ekspedisi, 4 motor dan 7 mobil angkutan jenis pick-up. Dari 71 kendaraan tersebut petugas melakukan rapid test antigen kepada 67 orang, dan mendapati 1 orang yang positif covid.

"Satu orang yang positif tersebut adalah warga Pontianak, dan dibawa kembali ke daerah asal," ungkap Bernard Saragih.

Sampai dengan saat ini kegiatan berlangsung dengan aman dan kondusif. (*)