Tuah Mangasih : Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sintang Bukan Transmisi Lokal

WARTASINTANG.COM - Anggota DPRD Sintang, Tuah Mangasih mengatakan bahwa penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sintang belum memasuki tahap transmisi lokal.

Pernyataan ini disampaikannya sesuai dengan informasi atau daya yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang  bahwa saat ini penularan Covid-19 di Kabupaten Sintang masih berasal dari luar daerah dan belum menular dari warga lokal ke warga lokal lainnya .

"Jadi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sintang belum ada kasus tranmisi lokal. Harapannya kedepannya juga tidak ada," ujar Tuah Mangasih kepada awak media kami, Minggu (01/11).

Untuk itu Tuah Mangasih menghimbau masyarakat untuk menghindari kegiatan di luar kota jika tidak mendesak. 

"Jadi jangan sampai kita bepergian ke luar kota dan pulang ke Sintang bawa virus untuk keluarga dan masyarakat. Kan tidak bagus jadinya," ujar Tuah Mangasih.

Tuah juga menghimbau agar Pemkab Sintang meniadakan perjalanan dinas keluar kota.

"Kami menghimbau agar ASN maupun pejabat daerah meniadakan perjalanan dinas ke luar daerah terlebih dahulu," lanjutnya.

Tuah Mangasih juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menaati aturan protokol kesehatan yang berlaku. Selalu memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumuman, dan selalu menjaga pola hidup yang sehat.

"Virus corona itu menyerang orang yang imunnya rendah. Jika kita istirahat cukup, makan makanan bergizi, menjaga pola hidup sehat, selalu menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar, maka kemungkinan terpapar atau sampai sakit parah itu kemungkinannya kecil atau rendah," tutup Tuah Mangasih.

Jadi mari kita bersama perangi dan putus penyebaran Covid-19 dari hulunya. Bersama kita lawan corona dengan menerapkan memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak sosial, dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat. (*)