Maria Magdalena Himbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih dengan Baik

WARTASINTANG.COM - Tidak terasa sebulan lagi kita akan memasuki bulan Desember 2020, artinya sebentar lagi kita akan menghadapi tahun baru, tahun 2021. Dan di tahun 2020 ini terdapat event spesial yaitu Pesta Demokrasi Rakyat Indonesia pada Pilkada 2020, tepatnya pada tanggal 9 Desember 2020. 

Sebagai warga negara Indonesia dan khususnya sebagai masyarakat Sintang yang baik, kita perlu turut ikut menggunakan hak pilih kita. Karena pilihan kita akan menentukan masa depan daerah kita selama 5 tahun ke depan.

Terkait itu Maria Magdalena, Anggota DPRD Kabupaten Sintang dari Fraksi Demokrat mengatakan bahwa menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 menghimbau agar semua masyarakat menggunakan hak pilihmya dengan baik. 

Ia meminta agar tidak ada masyarakat yang golput, sebab sangat disayangkan jika masyarakat tidak menggunakan hak pilihnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sintang untuk turut serta memberikan hak suaranya pada pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sintang 9 Desember mendatang. 

Namun tak lupa pula ia menghimbau agar dalam pelaksanaan pencoblosan nanti masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan sebab pilkada kali ini sangat berbeda dari sebelumnya sebab dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

”Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sintang untuk turut serta memberikan hak suaranya pada pemilu kepala daerah di Kabupaten Sintang pada tanggal 9 Desember nanti dengan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan,” kata Maria, saat dikonfirmasi media kami melalui WhatsApp, Selasa malam (27/10).

Demi  kemajuan dan kesejahteraan rakyat Sintang, dirinya juga berharap agar pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sintang dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi tersebut untuk mencari keuntungan dan tujuan pribadi. 

Meskipun berbeda pilihan ia menghimbau kepada masyarakat untuk dewasa dalam  berpolitik dan tidak menjadikan perbedaan dukungan sebagai jurang pemisah.

Dan berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus menggunakan hak pilih kita di Pilkada Bupati 2020 nantinya.

Kita harus menjadi warganegara yang baik. Salah satu bukti warganegara yang baik ialah ikut bertanggungjawab (wajib) dan berhak untuk andil dalam menciptakan kesejahteraan hidup .

Pilkada Bupati merupakan sarana kedaulatan rakyat. Pesta demokrasi ini merupakan cara terbaik dan bermartabat bagi rakyat untuk secara langsung berpartisipasi dan memilih Bupati dan Wakil Bupati Sintang untuk memimpin Kabupaten Sintang selama 5 tahun ke depan.

Masyarakat Sintang bertanggungjawab memilih Bupati dan Wakil Bupati yang mempertahankan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, menciptakan kesejahteraan hidup bermasyarakat serta kehidupan masyarakat inklusif.

Jika kita tidak menggunakan hak pilih (golput), kesempatan memilih pemimpin justru akan digunakan oleh orang/pihak lain. Akan sangat berbahaya kalau yang menggunakan hak itu justru orang/pihak yang tidak bertanggungjawab terhadap kelangsungan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, kesejahteraan hidup bermasyarkat dan yang menjaga prinsip inklusif-toleran. (Andi)