Maria Magdalena : Dunia Pendidikan Harus Kreatif di Tengah Masa Pandemi


WARTASINTANG.COM - Pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan. Adanya wabah virus corona ini menghambat kegiatan belajar mengajar yang biasanya berlangsung secara tatap muka. 

Kegiatan belajar mengajar dipaksa untuk dilakukan secara online. Dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik maupun anak murid.

Mulai dari belum terbiasa dengan cara mengajar tanpa tatap muka dan akses jaringan internet yang tidak maksimal di beberapa daerah yang belum terjangkau sinyal yang baik.

Terkait hal ini Anggota DPRD Kabupaten Sintang Maria Magdalena terus mengajak para tenaga pendidik/guru untuk mengembangkan diri dan belajar bagaimana cara mengajar online yang efektif. 

"Dalam masa pandemi ini dunia pendidikan dituntut untuk kreatif dan tidak mati akal. Dunia pendidikan harus terus berjalan di tengah masa pandemi ini. Dan jalan terbaik adalah guru terbiasa dengan sistem kegiatan belajar mengajar secara daring," katanya kepada awak media kami,  Senin (19/10).

Guna menciptakan Sumber Daya Manusia Sintang terbaik maka sektor pendidikan harus terus berkarya. Jadi tenaga pendidik/guru di Kabupaten Sintang dituntut untuk kreatif di tengah masa pandemi ini.

Dalam kesempatan ini Politisi dari Partai Demokrat ini juga berharap agar Pemerintah Pusat terus menambah jumlah guru di Kabupaten Sintang ini.

"Khususnya yang memang masih minim tenaga guru, dengan jumlah penduduk dan luasnya Kabupaten Sintang yang sangat-sangat luas kita melihat tenaga Guru masihlan minim," ujarnya.

Harapannya jika jumlah pendidik memadai maka sektor pendidikan di Kabupaten Sintang akan teroptimalkan. Dan optimalisasi di sektor pendidikan akan menghasilkan generasi emas di Kabupaten Sintang.

"Jadi nantinya SDM-SDM di Kabupaten Sintang baik secara kualitas maupun kuantitas dapat lebih bersaing lagi dengan wilayah lainnya," ujarnya.

Dan untuk saat ini, para guru/tenanga pendidik yang ada dituntut untuk lebih kreatif mengedukasi anak didiknya di tengah masa pandemi. Generasi saat ini membutuhkan tenaga pendidik yang kreatif sehingga tercipta SDM yang berkualitas nantinya.(Ms)