Dewan Sintang Tekankan Pentingnya Kesehatan Dalam Menopang Pembangunan


WARTASINTANG.COM - Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan suatu bangsa. Secara umum, faktor-faktor seperti sumber daya alam, material dan finansial tidak akan memberi manfaat secara optimal untuk perbaikan kesejahteraan rakyat bila tidak didukung ketersediaan faktor SDM baik secara kualitas maupun kuantitas. Kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas SDM suatu daerah.

Dan di tengah masa pandemi ini kita merasakan betapa pentingnya sektor kesehatan dalam kehidupan manusia. Bagaimana terganggunya sektor kesehatan bisa berefek ke sektor-sektor lainnya.

Untuk itu kesehatan merupakan isu utama yang harus diperhatikan oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Masyarakat yang sehat tentunya akan menghadirkan generasi yang sehat jasmani dan rohani. Generasi ini tentunya adalah investasi masa depan bangsa. Untuk itu pembangunan bidang kesehatan sangat penting dan dibutuhkan bagi kemajuan daerah tersebut.

Hal inilah yang disampaikan oleh Lim Hie Soen, Anggota DPRD Sintang. Menurut Ko Akhun, sapaan akrab dari Lim Hie Soen pembangunan kesehatan sangat penting dan secara tidak langsung akan menaikan kualitas SDM masyarakat Sintang nantinya.

"Pembangunan bidang kesehatan sangat dibutuhkan bagi kemajuan daerah. Legislatif senantiasa mendorong Pemerintah agar masalah kesehatan mendapatkan perhatian. Generasi yang sehat akan menaikkan IPM yaitu Indeks Pembangunan Manusia" ujarnya kepada awak media kami, Sabtu (24/10).

“Kami sangat mengharapkan Pemerintah mempunyai terobosan dalam memajukan kesehatan masyarakat. Program kesehatan yang menyentuh langsung masyarakat tentu kami sangat mendukung,” kata Lim Hie Soen.

Untuk itu ia berharap tenaga kesehatan yang ada juga dimaksimalkan guna memberikan sosialisasi cara hidup sehat bagi balita dan memastikan pertumbuhan mereka normal.

Menurutnya program kesehatan ini juga harus memperhatikan kondisi ibu hamil. Jadi perkembangan balita sudah dimulai sejak dari dalam kandungan. 

Jadi jika ingin menaikkan IPM suatu daerah, maka kesehatan menjadi salah satu faktor penting yang harus mendapat porsi lebih guna melahirkan SDM yang berkompeten dan berkualitas. (*)