Dewan Sintang Dukung Penuh Pembangunan Pelabuhan Sungai Ringin

WARTASINTANG.COM - Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIV Kalbar, Syamsuddin melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sintang dalam rangka koordinasi rencana pembangunan Pelabuhan Sungai Ringin oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada Tahun 2021

Dalam kunjungan ini Syamsuddin menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan RI meminta komitmen Pemerintah Kabupaten Sintang untuk membangun jalan masuk ke lokasi Pelabuhan Sungai Ringin serta melakukan penimbunan jalan masuk yang terendam banjir. 

Ada dua syarat yang diminta oleh Kemenhub untuk dapat membangun pelabuhan Sungai Ringin sampai selesai. Yakni Pemkab Sintang membangun jalan masuk termasuk menimbun jalan masuk yang terkena banjir serta kajian atas manfaat jika pelabunan selesai dibangun dan komitmen tersebut diminta dalam bentuk surat dari Pemkab Sintang.

Terkait hal ini Florentinus Anum menyampaikan bahwa Pemkab Sintang siap membuat komitmen tersebut karena memang keberadaan Pelabuhan Sungai Ringin sangat penting dan diperlukan oleh masyarakat Kabupaten Sintang.

Menanggapi itu Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Lim Hie Soen mendukung penuh program pembanungan pelabuhan Sungai Ringin.

Menurutnya keberadaan Pelabuhan Sungai Ringin akan sangat membantu perekonomian Sintang nantinya.

“Keberadaan Pelabuhan Sungai Ringin sangat penting dan diperlukan oleh masyarakat Kabupaten Sintang," ujar Lim Hie Soen kepada awak media kami, Kamis (22/10).

"Jika pelabuhan ini selesai dibangun maka proses bongkar muat industri yang ada dalam kota nanti bisa ditutup dan semua aktivitas bongkar muat untuk keperluan industri bisa difokuskan di Sungai Ringin,” ujarnya.

Harapannya proses pembangunan Pelabuhan Sungai Ringin bisa segera terealisasikan untuk menopang dan mendongkrak perekonomian dan kegiatan industri di Kabupaten Sintang. (*)