5 Mei Hari Bidan Sedunia, Dewan Sintang Ajak Menghargai dan Dukung Para Bidan



WARTASINTANG.COM - 5 Mei dikenang sebagai International Day of the Midwife atau peringatan Hari Bidan Sedunia. Menurut situs Ontario Federation of Labour ofl.ca. Dan perayaan Hari Bidan Internasional ini sudah ada sejak tahun 1991

Terkait hal ini anggota DPRD Sintang, Zulherman mengajak masyarakat memberikan dukungan dan penghargaan kepada para bidan yang telah bekerja dan melayani masyarakat dalam bidang kesehatan.

Menurutnya hal ini perlu dilakukan karena dalam masa pandemi ini diberitakan bahwa setidaknya ada 10 Bidan Praktik Mandiri (BPM) dari 49 BPM yang tergabung dengan IBI Cabang Sintang menutup layanannya karna kekurangan alat pelindung diri. 

Tentu saja berita ini mengejutkan dan sekaligus perlu mendapatkan solusi segera agar BPM yang tutup itu dapat segera membuka layanan kebidanan. Hal ini disampaikannya pada wawancara melalui telepon Selasa (12/5/2020) lalu.

“Bidan kita di Sintang ini, harus kita dukunglah agar bisa bekerja secara optimal, supaya pelayanan persalinan dan kebidanan lainnya dapat terus berlangsung, meski saat ini kita juga berjuang mengatasi pendemi covid 19 ini,” kata Zulherman. 

“Kita tahu mereka sedang kekurangan APD, kepada masyarakat yang tergerak hatinya, silakan datang untuk membantu, seperti yang sudah dilakukan oleh saudara-saudara kita kemarin, pak H. Denny, pak Multazam, alumni UNDIP dan alumni SMK Santa Maria tempo hari. Kepada para bidan, saya sampaikan tetap semangat dan jaga kesehatan diri anda agar tetap dikuatkan dalam melayani masyarakat Sintang ini,” tambah politisi Partai Nasdem itu.

Ketua Pengurus Cabang IBI Sintang, Yuli Sri Ayu menyebutkan bahwa Klinik IBI dan sejumlah PBM menutup seluruh layanan bagi ibu hamil untuk sementara waktu. Keputusan ini dilakukan karena tempat layanan tersebut kekurangan APD.

Tentu saja besar harapan ada solusi segera dalam hal ini sehingga BPM yang tutup itu dapat segera buka dan melayani masyarakat dalam situasi pandemi ini. (*)