Sinto : Masyarakat Kalau Ke Puskesmas Wajib Pakai Masker


WARTASINTANG.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang terus melakukan berbagai upaya guna mengantisipasi penyebaran Virus COVID-19 yang semakin meresahkan. Untuk itu Kepala Dinas Kesehatan Sintang Harysinto Linoh pun meminta kerjasama dari masyarakat Sintang.

Menurutnya harus ada kerjasama dari berbagai pihak yang ada guna meminimalisir penyebaran virus ini. Hal ini dimulai dengan membiasakan diri melakukan pola hidup sehat seperti cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sebelum dan setelah melakukan aktivitas, olahraga yang teratur, berjemur di sinar matahari pagi, makan makanan bergizi, dan jika keluar selalu memakai masker.

Anjuran untuk memakai masker ketika keluar rumah adalah anjuran resmi dari World Health Organization (WHO) guna mencegah penularan virus dari manusia ke manusia.

Untuk itu Sinto pun menegaskan bahwa setiap pengunjung Puskesmas yang ada di Kabupaten Sintang wajib menggunakan masker. Hal ini disampaikannya di depan camat, lurah, dan kepala desa supaya dapat disosialisasikan ke masyarakat.

Bagi pengunjung yang tidak mengenakan masker akan diminta pulang kembali.

“Kalau tidak pakai masker ya mohon maaf, bukannya mengusir. Silahkan datang kembali dan kenakan masker,” ujar Sinto ketika memberikan arahan.

Dalam kesempatan ini Sinto juga memaparkan bahwa laporan ODP yang masuk ke Dinas Kesehatan Sintang cenderung mengalami penurunan, padahal arus kendaraan umum yang pulang pergi Sintang-Pontianak-Sintang sangat banyak.

“Kami imbau ODP jangan berkeliaran. Lakukan karantina mandiri. Sekarang data yang masuk perhari hanya 20 orang padahal jumlah penumpang bis ada ratusan setiap hari yang masuk ke Sintang. Tapi yang lapor hanga 20 orang saja,” terang Sinto.

Untuk itu Sinto berharap masyarakat mau pro-aktif melaporkan diri jika baru bepergian dari tempat yang sudah terkonfirmasi zona merah COVID-19 demi kebaikan bersama. (*)