Dinkes Sintang Lakukan Hampir 300 Rapid Tes, Alhamdulilah Belum Ditemukan Satupun yang Reaktif Positif


WARTASINTANG.COM – Rapid tes dilakukan sebagai langkah penting guna menghentikan penyebaran Virus COVID-19 . Untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang melakukan rapid test Corona. Ini dilakukan setelah Pemkab Sintang memiliki cukup rapid tes kit untuk melakukan test kesehatan.

Hal ini dijelaskan oleh Bupati Sintang Jarot Winarno. Menurutnya ini adalah langkah dalam upaya mencegah, mengantisapi dan memutus mata rantai penyebaran Coronavirus disease (COVID-19) di Kabupaten Sintang.

Hal ini disampaikannya saat meninjau Posko COVID-19 di Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Senin (13/4/2020).

Dalam kesempatan ini Jarot Winarno yang pernah melayani selama 34 tahun sebagai tenaga medis di pedalaman Kalimantan Barat mengatakan bahwa rapid tes ini sangat penting.

“Saya dokter Jarot Winarno Bupati Sintang, kita ini sekarang berperang melawan COVID-19. kita tidak tahu musuh kita ada dimana, karena sampai hari ini di Kabupaten Sintang satupun pasien positif belum ditemukan,” ujar Jarot kita memberikan penjelasan di Posko COVID-19 Dinkes Sintang.

Dikarenakan hingga saat ini belum ditemukan satupun warga Sintang baik sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun positif terpapar Virus Corona sehingga rapid tes ini penting untuk dilakukan sebagai langkah preventif untuk menghentikan penyebaran virus ini.

“Salah satu caranya adalah dengan rapid test. Kita sudah lakukan hampir 300 rapid test, Alhamdulillah sampai saat ini belum ditemukan satupun yang reaktif positif,” ujar Bupati Sintang.

Sebagai informasi sasaran utama rapid tes ini ditujukan kepada PDP, ODP, para petugas kesehatan, relawan anggota gugud tugas, dan keluarga tenaga medis guna mencegah, mengantisapi dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Sintang.

Dan hari ini Bupati Sintang sendiripun akan melakukan rapid tes guna memastikan kondisinya. “Hari ini saya pribadi mau dites lagi, doakan juga mudah-mudahan tidak positif,” tutup Jarot. (*)