Ketua DPRD Sintang : Membangun Wilayah Perbatasan dengan Kesejahteraan dan Keamanan

WARTASINTANG.COM - Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny menilai menegakkan kedaulatan di perbatasan bukan sekadar urusan keamanan, namun juga kesejahteraan. Hal itu utamanya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat di perbatasan, serta meyakinkan bahwa mereka merupakan bagian penting dari bangsa ini.

"Ketika hidup masyarakat kita di perbatasan sudah baik, maka mereka dengan sendirinya akan berpikir tentang keamanan," kata Florensius Ronny, Sabtu (2/11/2019)

Menurut Ronny, Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki banyak perbatasan dengan Malaysia, khususnya Kabupaten Sintang  dengan dua kecamatannya, tidak terhindarkan dari masalah-masalah di perbatasan. Mulai dari pergeseran patok, sampai kejahatan transnasional berupa penyelundupan atau imigran ilegal.

Dalam konteks tersebut, Ronny menjelaskan bahwa pendekatan yang harus dilakukan adalah kesejahteraan dan juga keamanan.

"Kurang tepat bila batas negara hanya dikelola dari sisi keamanan," tuturnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa bila pendekatan keamanan saja yang diutamakan, maka negara akan menempatkan personel militer dan alat utama sistem pertahanan (alutsista) di sepanjang 2.000 km perbatasan antara Kalimantan dengan Malaysia.

"Lebih efisien mana kalau kita bangun basis perekonomian di daerah itu?" ujarnya lagi.

Ditambahkannya, pembangunan infrastruktur hingga ke daerah perbatasan dan pulau terluar sangat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah tersebut.

"Pembangunan memberikan dampak ekonomi bagi daerah perbatasan," ujarnya. (*)