Tangga Bukit Kelam Segera Diperbaiki, Welbertus : Utamakan Keselamatan Pengunjung

WARTASINTANG.COM - Bukit Kelam merupakan keindahan alam alami bukan buatan tangan manusia. Bukit batu monolid terbesar di dunia ini memiliki sejuta pesona. Hanya saja akses menuju ke puncak Bukit Kelam agak susah bagi sebagian orang.

Hal ini dikarenakan sarana pendakian yakni tangga sudah cukup lama belum mendapatkan perhatian untuk dapat diperbaiki. Namun kabar gembiranya, pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar, selaku pihak yang bertanggung jawab atas tempat tersebut akan segera memperbaiki tangga di Bukit Kelam.

Terkait hal tersebut, anggota DPRD Sintang Welbertus mengatakan sudah selayaknya Bukit Kelam sebagai tempat wisata sekaligus ikon Kabupaten Sintang untuk dilakukan pembenahan atas sarana dan prasarana penunjangnya.

"Bukit Kelam kan dibawah tanggung jawab BKSDA, jadi sewajarnyalah jika melakukan pembenahan. Itu sangat penting, selain digunakan oleh para wisatawan juga pihak BKSDA. Kalau itu dibawah tanggung jawab daerah mungkin sudah lama diperbaiki," ungkapnya, Kamis (04/10/2019).

Lanjutnya, selama ini pihak pemerintah daerah, melalui dinas terkait sudah berupaya dengan pembangunan sarana prasarana di sekitar kaki Bukit Kelam.

"Ada jalan lingkar kelam yang jadi tanggung jawab daerah, juga fasilitas penunjang lainnya," ujarnya. Terkait dengan rencana BKSDA Kalimantan Barat yang akan mengganti tangga besi yang menuju kepuncak Bukit Kelam, dirinya tak mempermasalahkan karena yang terpenting adalah keselamatan pengunjung harus diutamakan.

"Tak masalah itu diganti, karena sudah seharusnya memang begitu. Utamakan keselamatan para pengunjung yang akan menikmati Sintang dari atas Bukit Kelam. Jelasnya kita berterimakasih dengan rencana tersebut," kata Politisi PDI Perjuangan.

Jadi, jika tangga sudah diperbaiki dan akses ke puncak Bukit Kelam mudah diakses, tentunya akan menarik banyak pengunjung guna menikmati keindahan kota Sintang dari puncak bukit batu tersebut. (*)